Membangun Negeri, Akuntan Harus Piawai dengan Teknologi

Jakarta - Setiap profesi di Indonesia memiliki hak untuk berkontribusi bagi negara. Tak terkecuali, kelompok akuntan. Oleh karena itu Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dalam acara Bincang Bisnis bersama IAI di Jak TV, Rabu (12/06/2019).

Acara ini mengundang Dadang Kurnia (Sekretaris Utama BPKP), Prof. Ainun Na'im (Sekjen Kemenristekdikti), Rosita Sinaga (DPN IAI) dan Ito Warsito (DPN IAI). Acara dipandu oleh Isnaeni Achdiat, Managing Partner dari Ernst & Young Indonesia.

Dalam sesi bincang ini, dibahas bagaimana peran akuntan bagi Indonesia. Menurut Ito dunia sedang memasuki masa disrupsi. Teknologi mulai mengambil alih peran manusia. Piranti lunak akuntansi telah ditemukan sehingga proses audit dapat lebih cepat dilakukan melalui komputer. Menurut Ito, akuntan harus menyadari hal ini.

"Akuntan harus memahami cara komputer bekerja" Kata Ito

Rosita menambahkan masa disrupsi tidak bisa terelakan. Teknologi sedikit demi sedikit telah mengambil beberapa pekerjaan akuntan. Akan tetapi, Rosi optimis, perkembangan teknologi ini dapat dimaknai secara positif.

"Keberadaan teknologi akan menghasilkan perhitungan yang dapat diandalkan" Kata Rosita

Prof. Ainun menutup segmen dengan membocorkan materi yang akan ia sampaikan di segmen berikutnya yaitu, soal kesiapan mahasiswa akuntansi menghadapi masa disrupsi ini. Kesiapan mahasiswa dengan menguasai teknologi adalah kuncinya.