Maukah Kamu ikut Program Bela Negara?

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) memiliki wacana menginisiasi program pendidikan bela negara bagi para mahasiswa selama satu semester, guna menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.

 

Kemenhan turut menggandeng Kemendikbud untuk membahas program bela negara, agar meningkatkan partisipasi mahasiswa. Program ini nantinya akan digabung dengan program merdeka belajar milik Kemendikbud, dimana mahasiswa bisa mengambil secara sukarela satu kegiatan untuk mempelajari bela negara.

 

Terdapat juga wacana nilai pendidikan tersebut akan dimasukkan ke dalam satuan kredit semester (SMS), namun wacana ini masih berada dalam tahap diskusi.

 

Wakil Menter Pertahanan, Trenggono menekankan bahwa program bela negara tidak sama dengan wajib militer. Seolah mirip militer, tapi lebih mengarah ke latihan disiplin ketangkasan dan sebagainya.

 

Mahasiswa yang tertarik nantinya juga bisa mengambil program komponen cadangan (Komcad), dimana mahasiswa akan diberikan pelatihan selama beberapa bulan, setelah itu jika dikemudian hari negara membutuhkan bantuan pertahanan, maka mahasiswa ini bisa membantu sesuai dengan kesadaran pribadi.

 

Ditambah lagi, jika memenuhi syarat, saat lulus sarjana juga bisa menjadi perwira cadangan.

 

Komponen cadangan (Komcad) dijalankan sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, dan terbuka untuk seluruh masyarakat yang tertarik, tidak hanya mahasiswa.

(eld)