Masjid Agung An-Nur, Pesona Keindahan Taj Mahal di Riau

Riau merupakan salah satu wilayah yang ada di Pulau Sumatera yang kental  dengan budaya melayu. Hal ini dapat terihat pada salah satu bangunan masjid  yang terletak di pusat kota Pekanbaru, yaitu Masjid Agung An-Nur. Masjid yang terbesar di Kota Pekanbaru ini dibangun pada tahun 1963 dan selesai tahun 1968. Arsitektur masjid ini dirancang oleh Ir. Roseno dengan ukuran 50 x 50 m yang terletak dalam satu pekarangan yang luasnya 400 x 200 m, dengan kapasitas menampung sekitar 4.500 orang jamaah.

Menariknya, Desain bangunan dari masjid tersebut banyak mendapat pengaruh dari gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India. Masjid Agung An-Nur mempunyai satu kubah besar dan empat kubah kecil yang menyerupai gasing terbalik dengan warnai hijau dan pada bagian bawah kubah yang bermotif layaknya kain hias dengan lapisan warna emas pada songket melayu. sentuhan gaya Turki dapat dilihat pada ke empat menara tinggi  yang terdapat disudut bangunan masjid.

Jika dilihat dari depan bangunan masjid, terdapat  halaman yang luas, taman, serta kolam yang mengingatkan pada kemegahan Taj Mahal di India. Menariknya, masjid ini sering disebut sebagai taj mahalnya Provinsi Riau, Indonesia.

Tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim, masjid ini juga digunakan untuk berbagai agenda, seperti sarana dakwah, kegiatan sosial kemasyarakatan, serta dilengkapi sarana pendidikan.

sumber : duniamasjid.islamic-center.or.id, brosispku.com                                                  sumber gambar : viva.co.id