Marketing dan Sales Apakah Sama?

Agar produk yang berupa barang maupun jasa yang ditawarkan sampai ke tangan pembeli, perusahaan pastinya memiliki divisi yang bertanggung jawab dan ahli di bidangnya, yaitu marketing dan sales. Banyak orang yang beranggapan bahwa kedua ujung tombak perusahaan ini merupakan bidang yang sama, tapi nyatanya berbeda. Walaupun kadang satu orang mampu merangkap dua pekerjaan itu.

Marketing bisa disebut “idea man”, karena jasa mereka dibutuhkan bahkan sebelum suatu produk dibuat. Tugas mereka ialah menganilisis pasar, mengidentifikasi kebutuhan konsumen, mencari kelebihan produk dibanding pesaingnya sehingga strategi promosi dapat dibuat dan tepat sasaran.  

Sales ibarat perpanjangan tangan dari marketing. Setelah produk dan rencana sudah digodog secara matang, sales siap bertugas menjualnya kepada konsumen dengan cara apapun baik bertemu langsung atau lewat telepon.

Dalam bekerja, sales fokus terhadap target penjualan dan harus menguasai informasi dari kelebihan produk yang dijual sehingga konsumen tertarik membeli. Hubungan antarpembeli juga bersifat short term hingga produk terjual, terlepas dari puas atau tidaknya konsumen terhadap produk yang didapat. Berbeda dengan marketing yang harus menjaga citra produk dan perusahaan agar tak kehilangan pelanggan setia maupun vendor yang telah bekerjasama.

 

 Sumber

zahiraccounting.com, glints.com
  

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0