Nemberala adalah sebuah desa di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, yang sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Bukan hanya itu, deruan ombak yang tiada henti namun stabil membuat Nemberala juga sering disebut sebagai salah satu spot terbaik di dunia bagi para peselancar. Saya sendiri telah melihat dan menikmatinya! Sungguh!

Perjalanan saya ke Pantai Nemberala ini berawal dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (K2N), yang merupakan salah satu mata kuliah yang saya ambil di tahun terakhir perkuliahan. Pulau Rote yang merupakan salah satu daerah perbatasan paling selatan antara Indonesia dan Australia, menjadi salah satu lokasi kegiatan K2N ini. Selama beberapa bulan, kami mengisi K2N dengan berbagai kegiatan, termasuk kunjungan ke Desa Nemberala, yang merupakan salah satu lokasi wisata para turis baik domestik maupun mancanegara.

Pantai Nemberala terbilang pantai yang masih sangat alami, jauh dari polusi. Biru dan beningnya pantai ini membuat para pengunjungnya selalu betah berlama-lama berada di sini. Ombak yang berlarian sepanjang hari menambah daya pikat pantai ini. Saya pribadi merasakan kedamaian dan kesegaran luar biasa ketika duduk dan bermain pasir di pantai ini.

Selama saya berada di pantai ini, belasan atau puluhan para peselancar menjadi pemandangan biasa sepanjang hari, bahkan hingga matahari terbenam. Saya sendiri bisa merasakan bagaimana para peselancar tersebut dimanjakan oleh ombak yang berkejaran setiap waktu. Ombak yang ada di pantai ini memang unik, karena menghasilkan ‘gulungan’ yang sangat mendukung aktivitas berselancar. Tidak heran jika bahkan festival atau kompetisi selancar berskala internasional rutin digelar di desa ini.

Pada awal tahun 2018 ini, Presiden Joko Widodo bahkan menyempatkan diri ke pantai Nemberala untuk rehat setelah melakukan kunjungan kerja di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Selama ini infrastruktur dan sarana-prasarana seperti penginapan dan restoran memang masih kurang memadai. Jika dibandingkan dengan lokasi wisata pantai lainnya seperti di Bali dan Lombok, pantai Nemberala memang masih perlu perhatian dan dukungan pemerintah. Semoga ini menjadi angin segar agar pihak yang berkepentingan dan berkapasitas dapat membangun fasilitas pendukung di lokasi wisata ini.

Tunggu apa lagi, ayo ke Nemberala!  angel

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0