Manfaat Luar Biasa dari Membaca Novel

Novel, yang dalam bahasa Latin "Novellus" dengan turunan kata "Novies" yang berarti kebaruan atau baru, adalah suatu karya sastra yang berbeda dengan karya sastra lainnya seperti puisi, drama, fabel, dan lain-lain. Novel merupakan sebuah karangan yang panjang dan berbentuk prosa serta mengandung rangkaian cerita yang sambung-menyambung kehidupan seseorang dengan orang lain di sekelilingnya yang menonjolkan karakter dan watak pada setiap pelakunya. Dari definisi tersebut, tahukah kalian bahwa ada beberapa hal yang berkaitan dengan manfaat dalam membaca novel, seperti sebagai berikut.

1. Mengubah fungsi otak: Membaca karya novel ternyata dapat mengubah fungsi otak, penjelasannya demikian bahwa novel yang kita baca sebelumnya diunduh oleh sistem otak maka yang paling banyak dipengaruhi adalah otak yang menguasi korteks temporal bagian kiri. Bagian otak inilah yang turut berpengaruh dalam menghubungkan pikiran dan tindakan manusia.

2. Menambah pengetahuan: Segala sesuatu yang kita baca pada sebuah novel akan menjadi informasi baru dan berguna. Misalnya pada isi cerita novel yang terdapat tantangan sebuah hidup, kisah perjuangan dalam mencapai cita-cita, dan lain sebagainya.

3. Memindahkan pembaca ke dunia khayalan: Karya novel adalah karya fiksi atau fiktif yang menceritakan kekhayalan dari masing-masing tokoh. Pembaca seakan-akan dipindahkan alamnya dari alam nyata ke alam khayalan. Dari hal tersebut, dampak yang timbul adalah si pembaca terkadang akan meniru karakter, sifat, dan perwatakan yang terdapat dalam novel yang kemudian akan diaplikasikan dalam kehidupan sebenarnya.

4. Meningkatkan Kemampuan Mengolah Emosi: Ketika kita sedang membaca karya novel secara teliti maka kita akan berlatih dengan imajinasi kita serta mengolah emosi diri kita sendiri. Kadang si pembaca akan mudah emosi saat membaca karya novel dengan dipermainkan emosinya oleh penulis dari karakter tokoh-tokoh yang ada pada novel tersebut. Semakin sering emosi pembaca dipermainkan maka akan semakin besar pula kemampuan pembaca dalam mengontrol emosi diri.

5. Peningkatan Konsentrasi: Membaca karya novel berbeda dengan membaca sebuah cerpen atau dongeng, dan tempat untuk membaca novel juga disesuaikan dengan kondisinya dan hening, sebab membaca novel membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Pembaca sendiri dipastikan akan menyelami kata demi kata, kalimat demi kalimat untuk diresapi dan akan dicari bagaimana sifat para tokoh-tokohnya.

6. Semangat hidup lebih tinggi: Pada hakikinya bahwa membaca karya novel memberikan efek internal dalam diri pembaca yaitu manfaat yang luar biasa,seperti bisa menyemangati hidup yang lebih baik (karena mungkin terinspirasi karya novel yang dibacanya itu).

Nah, dari beberapa poin tersebut, yuk mulai isi waktu luang sobat dengan membaca novel.

sumber: manfaat.co.id

gambar: bslc.or.id