Mahasiswa UIN Walisongo Berikan Edukasi Cuci Tangan Pada Anak Usia Dini

Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia pada tanggal 15 Oktober, salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo Semarang, Dita Sasmita memberikan edukasi mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada anak usia dini. Kegiatan ini dilaksanakan di desa Sawah Alas, Kaliwungu, Kendal. Dita mengungkapkan, kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir harus selalu diterapkan.

Dita juga menambahkan, perilaku mencuci tangan menggunakan sabun sebaiknya sudah dibiasakan sejak dini. “Saya memberikan pemahaman kepada mereka (anak usia dini) cara mencuci tangan menggunakan sabun seperti sebelum dan sesudah bermain,” tambahnya.

Salah satu wali murid, Sutiah menyatakan, kegiatan mencuci tangan juga sudah disosialisasikan di sekolah anaknya, Novi. “Ia (Novi) sudah pernah praktik mencuci tangan menggunakan sabun dan di TK juga ada lagunya, jadi Novi masih ingat,” ujarnya.

Hal berbeda dinyatakan oleh Diana Rizki, wali murid dari Icha. Ia mengaku belum tahu cara mencuci tangan dengan baik dan benar. “Anak saya Icha belum tau caranya mencuci tangan, beruntung ada mahasiswa KKN yang memberikan edukasi terkait itu.” ungkapnya

Editor: Aidia Awwaaba