• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 168
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Luar Kotak, Komunitas Pemerhati Cagar Budaya

Luar Kotak atau dalam frasa Bahasa Inggris out of the box adalah salah komunitas pemerhati cagar budaya di Indonesia yang didirikan oleh para lulusan Arkeologi Universitas Indonesia. Komunitas ini berusaha agar dapat memperkenalkan cagar budaya dan arkeologi dengan cara yang sesuai era millenial saat ini. 

   Komunitas ini mengerjakan beragam kegiatan yang berhubungan dengan arkeologi dan budaya mulai dari menjadi event organizer, cultural tourism, dan TVC. Komunitas dengan logo kotak berwarna kuning ini di tahun 2018 bersama dengan IAAI mengadakan lomba penulisan cagar budaya yang bertujuan untuk menarik minat millenial terhadap kepurbakalaan dan budaya. 

   Sebanyak 1000 lebih peserta lomba penulisan tersebut dan didapatkan beberapa pemenang. Terdapat dua kategori pada perlombaan itu yaitu toponimi dan Aku dan Purbakala. Terdapat hal menarik dari beberapa pemenang tersebut. Juara pertama Aku dan Purbakala adalah seorang siswi SMA kelas X bernama Aisya Aulia Sudrajat, sedangkan juara 2 dan 3 adalah mahasiswa.Suatu Pencapaian yang luar biasa bagi siswi SMA tersebut.

   Semoga dengan adanya komunitas seperti ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat atas pentingnya pelestarian cagar budaya.

Sumber : instagram @komunitasluarkotak, @rizkyclarintap