• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 168
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Lebih Dekat dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

Masyarakat modern tidak bisa lepas dari budaya transaksi mesin. Meledaknya transaksi tersebut tidak lepas dari budaya serba instan ala masyarakat modern. Kartu elektronik menjadi kebutuhan wajib untuk bertahan hidup di situasi serba instan. Namun, instan saja tidak cukup. Costless and cashless juga menjadi syarat untuk masyarakat kini.

Terlahir dari permasalahan biaya transaksi, GNP atau singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional menjadi primadona masyarakat modern. GPN menerjang sekat-sekat antarbank untuk bertransaksi. Dengan GPN, masyarakat modern dapat menikmat costless dari transaksi antarbank. Pemilik GPN bisa bertransaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau perangkat Electronic Data Capture (EDC) bank lain.

GPN telah dikembangkan dan dirilis sejak Juli 2017 oleh Bank Indonesia (BI). Perkembangan GPN melingkupi interkoneksi Switching, interkoneksi dan interoperabilitas kanal pembayaran, dan interoperabilitas instrumen pembayaran. Area GPN hanya mencakup domestik. Sebelumnya, setiap transaksi pembayaran dinilai tidak efisien karena 80% dalam permainan domestik, sedangkan 20% dalam area internasional. GPN mengefisienkan memperpendek jalur transaksi karena pembayaran fee atau biaya transaksi tidak perlu dilakukan dalam area internasional.

Namun, sebagian besar masyarakat modern tidak mengetahui keberadaan GPN. Sosialisasi dari GPN masih dinilai kurang. Padahal, GPN menyimpan manfaat untuk pengguna, terutama pengguna dengan pemegang kartu bank yang cukup banyak. GPN akan sangat memudahkan.

electronic data capture (EDC) bank lain

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Gerbang Pembayaran Nasional?", https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/05/191710626/apa-itu-gerbang-pembayaran-nasional.
Penulis : Andri Donnal Putera
electronic data capture (EDC) bank lain

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Gerbang Pembayaran Nasional?", https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/05/191710626/apa-itu-gerbang-pembayaran-nasional.
Penulis : Andri Donnal Putera

 

Sumber : ekonomi.kompas.com, bi.go.id, liputan6.com, finance.detik.com

Sumber gambar : cermati.com, viva.co.id