Collaboration Festival 2021 Diisi Dengan Kegiatan Perlombaan dan Seminar Daring

Jakarta, 4 Maret 2021 - Acara Collaboration Festival 2021 dibuka dan diresmikan oleh Rektor Universitas Pembangunan Jaya Ibu Leenawaty Limantara, Ph.D. Rabu, 3 Maret 2021 melalui akun Instagram resmi CoFest di @cofest.upj. Acara CoFest 2021 yang dikelola oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya ini dibuka dengan rangkaian kegiatan seperti dua seminar daring “Podcast Sebagai Media Bebas Berkarya” menghadirkan Bimoky (Voice Over Talent dan Podcaster Malem Kliwon) dan Sruput Nendang (Content Creator dan Podcaster Sruput Nendang) serta “Media Sosial Jaga Eksistensi Industri” menghadirkan Deddy Widjanarko (Head of Bussines Deveploment Web Tv Asia), Karel Anderson (Head of Brand Communication Detik.com), dan Donny Andrian (Senior Social Manager IDN Media) melalui Zoom Meeting. Selain itu terdapat juga pelaksanaan lomba Cerdas Cermat bagi mahasiswa UPJ.

Seminar daring CoFest 2021 “Podcast Sebagai Media Bebas Berkarya” membahas bagaimana suara dapat menghasilkan karya di bidang kreatif, seperti salah satu contohnya melalui konten podcast.

Dalam seminar, Bimoky membagikan tanggapannya mengenai acara CoFest 2021 dan pengalamannya saat menjadi pembicara. Bimoky mengungkap bahwa menurutnya selain konsep acaranya yang luar biasa, dari segi promosi dan lainnya juga tidak kalah kerennya.

“Secara konsep acara sih luar biasa ya, ini salah satu acara yang H minus dua bulan dari segi promosi dan lain-lainnya gokil banget. Terus dari peserta gak nyangka 300 dan bisa berafiliasi dengan kampus-kampus lain keren sih,” ungkap Bimoky pada acara CoFest.

Sedangkan pada seminar lainnya, yaitu seminar “Media Sosial Jaga Eksistensi Industri” membahas bagaimana media online dapat beradaptasi menggunakan media sosial dalam mendistribusikan dan memperluas suatu konten berita.

Acara Collaboration Festival Rabu, 3 Maret 2021 telah berhasil mendatangkan audience mencapai 500 orang lebih yang tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Acara CoFest 2021 adalah acara yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan wawasan bagi seluruh generasi agar mampu berpikir kreatif demi menciptakan sebuah karya yang inovatif dengan beradaptasi melalui kolaborasi virtual di era digital.

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya pertama kali menyelenggarakan acara tahunan pada tahun 2016 dengan tajuk Communication Festival (COMMFEST) yang mengusung tema “Super Entrepreneur”, lalu di tahun 2017 terdapat dua COMMFEST yaitu “Diginesia” dan “Evolution of Mass Media (EVODIUS) dan berkolaborasi dengan Program Studi Manajemen, Psikologi, dan Akuntansi. Pada tahun 2018 mengangkat tema “Creative Entrepreneur Dare to Innovate and Inspire People (CREDIT TITLE)”.

Diselenggarakan kembali pada tahun 2019, namun COMMFEST berganti nama menjadi Collaboration Festival (Co-Fest) dengan membawa tema “Spirit of Millennials and Gen Z” dan mendatangkan sekitar lebih dari 5000 penonton saat penutupan acara di Bintaro Jaya Xchange Mall. Kembali lagi pada tahun 2021, Collaboration Festival (CoFest) bersama tema “Kreasi Digital Penggerak Generasi” diselenggarakan secara virtual untuk pertama kalinya.

Reporter: Mira Maryani

Editor: AZ