• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Komunitas Ini Berikan Pendidikan untuk Masyarakat Pedalaman

Hanya ada beberapa komunitas yang menyasar masyarakat pedalaman di Indonesia. Salah satunya, Komunitas Ar-Rahman yang kerap kali disapa dengan singkatan “Komar”.  Bedanya, komunitas ini memilih bidang pendidikan, baru dirintis oleh kumpulan mahasiswa/i di Kota Medan, Sumatra Utara.

Bayangkan saja, jika sebelumnya mereka (masyarakat pedalaman) hanya menggunakan akar kayu untuk menyikat gigi. Namun, dengan kehadiran kita, membawa pola pikir perkotaan, menganggap bahwa mereka membutuhkan sikat gigi. Sehingga, kehadiran kita ke desa mereka dengan membawa bantuan sikat gigi. Namun hanya akan menambah masalah baru untuk mereka.

Mereka akan menambahkan sikat gigi kedalam salah satu kebutuhan mereka. Jika sikat gigi itu rusak, mereka akan berpikir, “Bagaimana cara untuk membeli sikat gigi?” Hal ini tentu membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. Maka dari itu, perlu strategi lebih lanjut dalam menganalisis kebutuhan apa sebenarnya yang dibutuhkan masyarakat pedalaman.

Kegiatan Komar Mengajar (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Komar Mengajar (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

Komar pun berbeda saat memberikan bantuan untuk masyarakat pedalaman. Akhir tahun 2018 lalu, mengadakan beberapa kegiatan pada Program Pendidikan dan Pengajaran mereka. Salah satunya kegiatan #KomarMengajar untuk para adik-adik perapung (Perpustakaan Terapung). Kegiatan ini dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2018 dan berlokasi di Pemukiman Kampung Nelayan, Belawan, Sumatera Utara. Bersinergi dengan pengurus komunitas Perpustakaan Terapung.

Edukasi Lingkungan pada Komar Mengajar (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Edukasi Lingkungan pada Komar Mengajar (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

Pada kesempatan tersebut, para pengajar komunitas ini mendapat pengalaman pertama mereka dalam berinteraksi dengan anak-anak dan unjuk kemampuan di bidang edukasi lingkungan dan edukasi imtaq (iman dan taqwa). Mulai dari awal hingga akhir kegiatan, keceriaan yang ada di wajah anak-anak tersebut tampak sangat terjaga dan tidak luntur. Oleh karena itu, diakhir kegiatan diadakan kegiatan “Pembuatan Alat Belajar Kreatif” yaitu pembuatan karya daur ulang sampah plastik untuk dibuat berbagai alat belajar menarik seperti kotak pinsil, yang mengandung edukasi kepada mereka agar mampu memanfaatkan barang bekas atau limbah sampah untuk didaur ulang dan dijadikan barang berguna.

Edukasi Imtaq pada Komar Mengajar (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Edukasi Imtaq pada Komar Mengajar (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

 

Pembuatan Kreasi Alat Belajar (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan Kreasi Alat Belajar (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

Tujuan diadakan kegiatan #KomarMengajar ini adalah untuk mencerdaskan anak desa dengan menstrategikan pendidikan “Ramah Anak Desa”, karena mereka percaya bahwa menghadirkan “sosok” akan sangat berdampak dalam membangun pendidikan anak desa secara khusus dan  kehidupan masyarakat desa secara umum, daripada hanya cuma-cuma memberikan uang.

 

Diskusi Keilmuan “Public Speaking” Komar (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diskusi Keilmuan “Public Speaking” Komar (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

Sesuai tagline mereka, #CerdasDanMencerdaskan, maka tidak hanya mencerdaskan anak desa melalui kegiatan #KomarMengajar, namun komunitas ini juga berupaya membuat “Cerdas” para anak muda melalui kegiatan #DiskusiKeilmuan. Kedua kegiatan ini ditujukan untuk anggota komunitas sebagai kegiatan internal dalam rangka peningkatan kompetensi dan kualitas diri sebagai persiapan mengajar dan terjun ke masyarakat secara langsung. Kedua kegiatan ini juga pertama kali diadakan pada bulan November dan Desember lalu, dengan mengangkat tema Public Speaking, Literasi Bencana, serta Pena dan Kalam Pemuda dalam Mengguncang Dunia.

Dakwah Islam Komar “Merubah Dunia dengan Pena dan Kalam Pemuda” (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dakwah Islam Komar “Merubah Dunia dengan Pena dan Kalam Pemuda” (Sumber: Dokumen Pribadi Komunitas)

Sebagaimana penuturan Shihab, salah satu inisiator komar, menyatakan bahwa Program Pendidikan dan Pengajaran tidak hanya sekedar untuk mendidik anak-anak melalui kegiatan mengajar, namun juga mendidik anggota komunitas melalui kegiatan diskusi keilmuan. Ruang-ruang belajar inilah yang diciptakan agar para anggotanya siap mental dan jiwa, serta mantap pengetahuan ketika terjun mengajar di desa pedalaman.

 

Sumber: Laporan Kegiatan Komunitas Ar-Rahman Medan

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0