• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Kini, Masa Pensiun Tak Lagi Menakutkan

Setiap orang yang bekerja rata-rata akan memasuki masa pensiun pada usia 55 tahun. Masa Pensiun masih menjadi salah satu momok bagi sebagaian orang. Banyak yang menyatakan belum cukup mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi pensiun, ada pula yang bingung mengenai apa yang akan dilakukan saat masa itu datang.

Tidak sedikit juga orang yang telah siap untuk menghadapi masa pensiun dari dunia pekerjaan yang digelutinya. Mereka mungkin telah mempersiapkan masa pensiunnya jauh hari sebelumnya sehingga merasa lebih siap menikmati hidup.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Life Insurance Marketing Research Association (Limra), didapatkan fakta yang mengejutkan berkaitan dengan masa pensiun ini. Hasil penelitian menunjukkan 49% dari jumlah pensiunan menggantungkan hidup mereka pada orang lain, 29% di antaranya meninggal begitu memasuki masa pensiun, 12% mengalami bangkrut, 5% masih berkerja untuk menyambung hidup, 4% hidup mandiri, dan secara mengejutkan hanya 1% yang hidup menikmati kekayaannya.

Ternyata bukanlah hal yang mudah mempersiapkan diri dalam menghadapi masa pensiun. Agar menjadi salah satu diantara 1% pensiunan itu, tentu saja ada banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu seperti menabung aset dan berinvestasi, menyisihkan penghasilan, serta memperhitungkan keseimbangan income-outcome di masa pensiun. Hal yang tak kalah pentingnya mempersiapkan masa pensiun Anda adalah dengan menekuni hobi Anda, yaitu hal ringan yang bisa Anda kerjakan sesuai dengan passion Anda.

Beberapa orang bahkan masih sering bertanya-tanya, “Apakah yang harus saya lakukan ketika saya pensiun?” Atau “Apakah saya masih harus bekerja ketika pensiun?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu bukanlah masalah jika Anda telah disiplin mempersiapkan aset dan investasi anda. Akan tetapi jika seandainya hobi Anda bisa menghasilkan income tambahan, tentu saja akan menjadi situasi yang sangat membahagiakan sekali bukan?

Selain itu, penelititan menunjukkan bahwa mereka yang tidak memiliki kegiatan di masa pensiun cenderung mengalami stress dengan persentase lebih tinggi yang pada akhirnya menyebabkan kematian pasca pensiun dari pekerjaan. Berbeda dengan Anda yang melakukan kegiatan sesuai passion Anda. Anda akan merasakan makna hidup yang selama ini Anda jalani sehingga lebih membuat Anda bijaksana dan tentunya hidup Anda menyenangkan di hari tua.(DP)

​​​​​​

Sumber: Reinz , Limra.com, purdiechandra.net

Photo: Business Insider

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1