Kemendikbud Menggaet Netflix untuk Hadirkan Tayangan Edukatif

Jelang kalender akademik libur sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Netflix untuk hadirkan tayangan edukatif di Indonesia. Tayangan yang akan dimulai dari 20 Juni 2020 tersebut akan menjadi bagian dari program Belajar dari Rumah yang akan disiarkan melalui channel Televisi Republik Indonesia (TVRI), dan akan disiarkan setiap hari Sabtu pukul 21.30 WIB, dan ditayangkan ulang setiap hari Minggu dan Rabu pukul 09.00 WIB.

Diberitakan bahwa jenis tayangan yang akan disiarkan adalah film-film dokumenter persembahan Netflix. Beberapa judul yang disebut-sebut akan tayang adalah Tidying Up with Marie Kondo, Street Food, dan Our Planet. Dokumenter-dokumenter tersebut akan ditayangkan dengan terjemahan Bahasa Indonesia.

Program Belajar dari Rumah milik Kemendikbud adalah program yang diluncurkan pada 12 April 2020 sebagai salah satu media alternatif pembelajaran bagi siswa selama di rumah. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat tetap mendapat wawasan dan pengetahuan selama mereka menetap di rumah tengah wabah virus corona.

“Program Belajar dari Rumah di TVRI ditujukan untuk membantu peserta didik, orang tua, dan guru yang memiliki keterbatasan akses internet, baik karena kendala ekonomi maupun geografis,” jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makariem pada hari Rabu 17 Juni kemarin.

“Tidak terkecuali pada masa libur sekolah, Kemendikbud tetap berkomitmen untuk menyediakan tayangan berkualitas tinggi yang mendidik dan menghibur.” Jelasnya lebih lanjut.

Kemendikbud juga mengapresiasi Netflix atas dukungannya terhadap pertumbuhan perfilman di Indonesia. Dalam beberapa bulan terakhir ini, perusahaan penyedia layanan streaming tersebut telah bekerja sama dengan para pembuat film lokal dan menayangkan karya-karya anak bangsa di aplikasi mereka. Kemendikbud merasa bahwa Netflix telah berperan banyak dalam pengembangan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan insan perfilman bangsa. Apresiasi tersebut disampaikan oleh Nadiem dalam konferensi pers bersama Netflix di kantor Kemendikbud pada bulan Januari silam.

“Kami apresiasi Netflix yang memberikan dukungan terhadap pertumbuhan perfilman Indonesia. Kemitraan ini kita lakukan sebagai upaya mendukung dan menginternasionalkan produksi film anak bangsa,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.(cpr/nab)

 

Sumber Foto: Medcom