Kembangkan Potensi dengan Belajar Marketing

Media AKUTAHU telah memberikan golden opportunity kepada saya. It’s such an honour for me to be part of this company.”

Halo, pembaca setia Media AKUTAHU! Salam kenal teman-teman, saya Nabilah Fitri Arisanti yang biasa dipanggil Nabilah. Saya tergabung dalam program Magang Batch 2 di Media AKUTAHU. Saya magang sejak April dan seharusnya selesai Juli 2020. Namun, saya memutuskan untuk memperpanjang periode magang saya hingga Oktober 2020. Saya masih ingin banyak belajar di Media AKUTAHU.

Awalnya saya tau lowongan magang ini dari Instagram resmi milik Media AKUTAHU. Kebetulan, saya mengikuti Media AKUTAHU cukup lama. Saat mendaftar, awalnya cukup gak pede. Saat itu, saya masih semester empat dengan pengalaman saya gak yang gimana-gimana banget. Selang 2 minggu, Alhamdulillah saya mendapat direct message dari admin Media AKUTAHU. Senang sekali diberi kesempatan dan kepercayaan magang di bagian Marketing, sesuai banget sama jurusan saya Manajemen dengan peminatan Pemasaran Internasional.

Well, di sini saya magang sebagai Marketing & Sales Support yang dibawahi langsung oleh Bu Tuti selaku Associate Marketing Director juga dibimbing oleh Founder dari Media AKUTAHU Pak Isnaeni Achdiat. Saya magang dari Senin hingga Jumat secara work from home (wfh).

Beberapa bulan magang di Media AKUTAHU, menurut saya lingkungan kerja di sini sangat mendukung peserta magang untuk mempelajari sebanyak-banyaknya ilmu. Anak magang selalu dilibatkan untuk memilih konten dan topik apa yang akan diangkat untuk diunggah di Instagram. Diskusi pemilihan topik yang dilakukan tim Media AKUTAHU ini banyak memberi insight untuk saya.

Tugas utama saya disini adalah mencari dan mengajak client untuk berkolaborasi dengan Media AKUTAHU. Prosesnya dimulai dari saya dan rekan magang Marketing lain harus prospecting clients terlebih dahulu. Kira-kira client-nya cocok dan sesuai gak sama value-nya Media AKUTAHU yang sangat menjunjung pemberitaan yang positif & informatif.

Setelah menemukan calon client yang cocok, saya harus cari PIC-PIC client tersebut. Mulai dari PIC yang berasal dari perusahaan besar maupun berbagai low brand. Nah, di sini tantangan awalnya, ternyata mencari PIC suatu perusahaan bukanlah suatu hal yang gampang, loh, teman-teman. Kita perlu approach segala informasi yang tertera di sosial media perusahaan. Tidak ada respon dan jawaban apa-apa udah jadi makanan sehari-hari anak sales sepertinya, hahahaha. Hal semacam ini melatih mental, sih, agar tak mudah menyerah.

Tak mudah mengajak client agar mau berkolaborasi. Meski begitu, saya punya pembimbing yang open, yaitu Bu Tuti. Bu Tuti sangat mendorong saya dan peserta magang lain untuk menggali banyak ilmu dari pekerjaan. Bu Tuti, terima kasih banyak bu atas bimbingannya selama 6 bulan ini. Bu Tuti orang yang hebat dan pasti akan berhasil mencapai segala goals-goals marketing dan sales di Media AKUTAHU ini. Oh ya, tak lupa juga Pak Isnaeni, sosok inspiratif panutan saya. Terima kasih banyak juga Pak Isnaeni atas segala ilmu-ilmu marketing & sales yang selama ini bapak ajarkan ke tim Marketing.

Senang bisa berkembang bersama dengan Media AKUTAHU. Banyak sekali hal-hal positif yang saya dapat selama enam bulan magang di Media AKUTAHU. Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Media AKUTAHU yang telah memberikan golden opportunity ini kepada saya. It’s such an honour for me to be part of this company.

Media AKUTAHU has a bright future and so many golden opportunities await out there. Semoga semakin terdepan sebagai media yang tidak pernah lelah dalam memberikan dan mengedukasi masyarakat Indonesia dengan konten-konten positif, menarik, dan informatif. Sampai bertemu di lain kesempatan dan kolaborasi!

Penulis: Nabilah Fitri Arisanti

Editor: Alfida Rizky Febrianna