Kedubes Bekasi: Komunitas Kreatif ala Anak Bekasi

Sebelum kota Jakarta Selatan “dibully” dengan bahasa campuran Indonesia-Inggrisnya, Bekasi menjadi kota “ter-bully” jauh sebelum itu, yaitu sekitar tahun 2014. “Macet, panas, jauh atau harus menggunakan roket dulu,” merupakan list wajib yang harus diingat bila menyebut kota Bekasi.   

Dibalik candaan yang menjurus ejekan tersebut, anak-anak muda kreatif Bekasi mulai menunjukan bahwa kota dimana mereka tinggal tidak seburuk itu. Nama Kedubes Bekasi lahir karena Kota Patriot sering dijuluki “beda planet” atau “serasa ke luar negeri” karena terasa amat sangat jauh.

Kedubes Bekasi merupakan komunitas yang beranggotakan anak-anak muda pecinta seni, baik musik, lukis, puisi, film dan desain. Bahkan berdirinya Kedubes Bekasi disahkan langsung oleh Wakil Walikota Bekasi saat itu, Ahmad Syaikhu pada 1 November 2015. Mereka “berkantor” di Jalan Raya Jatikramat Nomor 2A, Kecamatan Jatiasih. Bukan hanya dijadikan meeting point dan pameran, tempat kumpul mereka ini juga dijadikan ruang ekspresi bagi komunitas-komunitas dan pelaku seni.

Berbagai agenda dan kegiatan telah dilakukan komunitas ini, antara lain pemutaran film pendek, live music, workshop, pembacaan puisi, dan pameran foto. Kedubes Bekasi juga pernah melakukan pameran lukisan dalam gerakan penyelamatan di Gedung Juang Tambun yang saat itu terbengkalai dan menjadi sarang kelelawar. Karena gerakan tersebut, renovasi pun dilakukan oleh pemerintah Bekasi pada 2017.

Komunitas yang sebelumnya bernama Pede Gede Kreatif ini juga telah melahirkan karya “Samping Jakarta” berupa buku dan kompilasi musik berisikan 11 band yang diluncurkan pada April 2018.

Layaknya mengunjungi negara lain, Kedubes Bekasi juga menjual berbagai souvernir, seperti gantungan kunci, anting, kalung, dan kaos yang dijual dari kisaran 20.000-125.000 rupiah. Ada souvernir yang tak kalah menarik dan wajib dimiliki apalagi bagi warga Bekasi, yaitu buku catatan dengan desain mirip paspor.

Jika kalian tertarik ingin mengunjungi Kedubes Bekasi bisa kalian cek agenda acaranya di Instagram resmi mereka, yaitu @kedubesbekasi

 

sumber: kompas.com, klikbekasi.co, berisikradio.online

 

 

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0