Kampung Ketupat yang Penuh Sejarah di Tepian Sungai Mahakam

Samarinda - Kampung Ketupat Merapakan sebuah kampung yang terletak di mangkupalas samarinda seberang. kawasan ini memiliki nilai historis yang tinggi yaitu sebagai cikal bakal adanya nama kota Samarinda.

Awalnya kampung ini adalah kawasan yang sangat kumuh akan tetapi karena melihat nilai sejarah yang tinggi dan potensi wisata bahari yang besar maka pada tahun 2015 kampung ketupat di tetapkan sebagai kawasan perioritas pembangunan wilayah melalui SK Walikota Samarinda.

Sejarah asal muasal nama kampung ketupat adalah mulai dari abad ke-19an dengan awal masyarakat di sini mendayung mencari bahan baku daun nipah yang berada di daerah muara untuk pembuatan ketupat.

Di awal tahun 2019 kampung ketupat menjadi viral di beberapa media sosial, karena di bangunnya ikon kampung berupa tugu dan taman ketupat oleh Pemerintah kota samarinda, tempat ini di bangun sebagai turism center, dan rencana pembangunannya mengonsepkan kolaborasi wisata dengan kapal pesut Mahakam.

Tempat ini sejuk dan tenang, pemandangannya yang indah juga membuat desa ini sangat recomended bagi kalian yang menginginkan suasana yang asri di tengah hiruk piruk kota.

 

Sumber : Lab Ekowisata Perairan FPIK UNMUL

Sumber Foto : Lab Ekowisata Perairan FPIK UNMUL