JYJ sebenarnya dibentuk pada 2010, merupakan pecahan dari TVXQ. Jaejoong, Yoochun, dan Junsu ini hengkang dari agensi yang sebelumnya mengasuh mereka, SM Entertainment.

Alasan JYJ keluar dari TVXQ adalah tidak adilnya pembagian honor. Jaejoong, Yoochun dan Junsu dilaporkan tak pernah mendapatkan hasil jerih payah mereka. Padahal, keuntungan SM Entertainement dari TVXQ sangat besar hingga jutaan Won. Akhirnya, trio JYJ itu berkolaborasi bersama, mulai dari bernyanyi bareng hingga menjadi model demi mendapatkan uang.

Namun, JYJ dianggap melanggar kontrak oleh SM Entertainment. Akibatnya, setiap kali JYJ manggung akan mengalami kesulitan. Hal itu karena mereka belum mendapatkan persetujuan dari SM Entertainment. Selain itu, JYJ juga sempat dilarang tampil di setiap acara musik di Negeri Ginseng itu. Bahkan, perjalanan mereka ke luar negeri demi manggung juga mendapat hambatan.

Federal Trade Commission (FTC) angkat bicara. FTC meminta SM Entertainment untuk tak mengganggu kegiatan JYJ lagi. "Meski penjualan album JYJ tinggi, kegiatan JYJ di Korea sangat dibatasi. Akibatnya, JYJ melakukan promosi di luar negeri di mana SM Entertainmnet tak memiliki pengaruh," kata wakil FTC, Juli 2013.

Melihat perseteruan panjang itu, pada 2015, amandemen JYJ Law dibuat. Secara khusus, amendemen melarang perusahaan penyiaran mencegah individu atau kelompok pada acara, karena permintaan pihak ketiga yang tidak berhubungan dalam produksi acara. Atau karena permintaan yang berasal dari pihak ketiga bahkan setelah individu tertentu atau kelompok telah dibebaskan secara hukum untuk tampil di acara, diwartakan Soompi pada November 2015.

Sementara itu, JYJ sempat vakum, apalagi setelah Jaejoong dan Yoochun melakukan wajib militer. Keduanya melakukan pelatihan di waktu berdekatan. Hal itu membuat Junsu melakukan kegiatan solo. Meski begitu, ia selalu membawa nama JYJ dalam setiap aktivitasnya, termasuk promosi lagu atau album miliknya, Xignature.

Saat ini, personel JYJ telah berkumpul kembali, tiga personelnya telah menyelesaikan wajib militer. Junsu baru saja keluar wamil, 5 November 2018. Di situs resmi penggemar, trio JYJ disebutkan akan kembali ke dunia hiburan dalam waktu dekat.

Sumber:
Naver
Soompi
Liputan6.com

Sumber foto: JYJ3-net

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0