Jokowi Gandeng Rakyat Indonesia di Sidang Gabungan DPD-DPR RI 2019

Jakarta - Sidang Sidang Gabungan DPD-DPR RI 2019 resmi dibuka, Jumat (16/8/2019), di Gedung MPR/DPR, Jakarta. Gelaran acara ini dianggap lebih spesial, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato dengan semangat di hadapan rakyat.

Jokowi memilih mengenakan pakaian dari Suku Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB), lengkap dengan ikat kepalanya. Baju adat yang dikenakan Jokowi sempat menjadi tanda tanya bagi beberapa orang.

"Kali ini, saya memilih pakaian dari Suku Sasak, NTB. Dengan ini, saya ingin memperlihatkan bahwa Indonesia itu milik kita bersama," sebut Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyebutkan Indonesia maju itu milik bersama. Ia tak ingin Indonesia dianggap hanya dimiliki sekelompok orang.

"Di sini, saya juga ingin mengingatkan, tidak ada sentralisasi di Indonesia. Indonesia milik bersama, bukan milik kelompok tertentu. Kita bisa maju karena kita bersama," Jokowi menambahkan.

Dengan bangga, Jokowi sekali lagi menyebutkan, Indonesia memiliki berbagai macam suku bangsa dan kelompok berbeda-beda, tapi tetap satu. 

Lebih jauh, Jokowi juga mengungkapkan beberapa hal yang harus disiapkan rakyat Indonesia, apalagi menghadapi perang global yang tengah berlangsung. Salah satunya, teknologi memadai dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdedikasi.

"Kita harus benar-benar berjuang. Di tengah perdagangan global seperti ini, kita harus siap. Kita butuh teknologi yang siap, kita butuh SDM yang memadai, teguh dan berdedikasi. Kita bisa buat kelemahan menjadi kelebihan kita," sebut Jokowi.

Semangat yang diberikan Jokowi itu pun disambut tepuk tangan riuh dari peserta yang hadir.