Jokowi dan Prabowo Dapat Pertanyaan dari Panelis Debat

Jakarta -  Debat Pilpres Kedua telah dimulai pukul 20.00 WIB, hari ini, Minggu (17/2/2019). Debat Pilpres Pertama, calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) telah mengetahui kisi-kisi debat. Kali ini, pertanyaan tidak memiliki "bocoran." Acara ini merupakan rangkaian persiapan Pemilu 2019.

Pertanyaan telah disiapkan oleh para panelis terpilih. Pertanyaan dimasukan ke dalam tabung yang ada di dalam mangkuk akuarium. Setiap capres mengambil tabung secara acak dan menyerahkannya pada panelis. 

Pertanyaan pertama mengenai transportasi. Jokowi menyatakan transportasi bukan hanya mengenai infrastruktur fisik seperti bandara, pelabuhan ataupun jalan tol tetapi juga sistem digital.

"Di masa ini, pembangunan infrastruktur telah merata, bahkan sampai ke Papua," kata Jokowi.

Berbeda dengan Jokowi, Prabowo mengkritisi pembangunan infrastruktur pada jaman Jokowi. Ia mengatakan kalau pembangunan infrastruktur pada zaman Jokowi terlalu "grusak-grusuk."

Prabowo menegaskan kalau pembangunan infrastruktur harus berpihak dan digunakan oleh rakyat. 

Pertanyaan kedua adalah mengenai pembangunan infrastruktur yang ramah terhadap kaum marginal.

Prabowo mengatakan pembangunan infrastruktur harus memperhatikan dampak lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi. Ia melihat harus ada tunjangan finansial bagi mereka yang tanahnya tergusur oleh proyek pemerintah. Tunjangan ini juga harus memikirkan utang negara. 

Jokowi menegaskan kembali pembangunan yang telah dilakukannya telah berpihak pada rakyat. Ia selalu mengganti lahan milik rakyat yang pemerintah ambil.

Hal ini dibantah oleh Prabowo yang mengatakan pembangunan yang telah dilakukan tidak menumbuhkan perekonomian negara. Dengan adanya debat presiden ini, masyarakat bisa memilih dengan hati nurani di Pemilu 2019.

Reporter: Raihan Sujatmoko