Jelang Pemilu 2019, Siberkreasi Siapkan Senjata Lawan Hoax

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebutkan bahwa tren hoaks meningkat jelang pemilu. Sebanyak 62 konten hoax terkait Pemilihan Umum 2019 (Pemilu 2019) diidentifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) selama Agustus-Desember 2018.

Hoax paling banyak teridentifikasi pada Desember 2018. Angka itu diperkirakan bertambah seiring waktu, khususnya menjelang Pemilu 2019. Pada bulan Maret 2019 saja, ada 380 konten hoaks yang disebarkan dengam berbagai platform media sosial. Semuanya didominasi oleh isu politik.

Hal ini di sampaikan dalam acara peluncuran buku seri Literasi Digital Siberkreasi di Gedung Serbaguna Kemenkominfo. Ketua Umum GNLD Siberkreasi, Dedi Permadi, menuturkan bahwa untuk demokrasi yang sehat dibutuhkan literasi digital yang baik. 

"Untuk menjamin demokrasi Indonesia yang praktiknya merambah digital, kompetesi literasi digital kian urgen dimiliki masyarakat" ujar Dedi Permadi di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Indonesia telah menghadapi gelombang disinformasi menjelang pemilu 2019. Siberkreasi yang dipandu oleh Kemenkominfo sudah menyiapkan senjatanya

"Kami menempuh jalur edukasi melawan hoax, produksi konten positif dan peningkatan kesadaran politik terkait keberagaman" kata Dedi Permadi.

Reporter: Andi Wirapratama