Jangan Anggap Enteng, Flu Juga Berbahaya untuk Tubuh

Jakarta - Saat menderita flu, banyak orang yang meremehkanya. Bahkan, beberapa dari mereka beranggapan bahwa penyakit bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal, penyakit influenza ternyata merupakan penyakit yang berbahaya bahkan dapat menimbulkan berbagai komplikasi hingga menyebabkan kematian. 

Menurut Prof. dr Cissy B. Kartasasmita, SpA(K), MSc, PhD selaku Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), menjelaskan bahwa Influenza tetap menjadi salah satu tantangan kesehatan masyarakat terbesar di dunia. Setiap tahun di seluruh dunia, diperkirakan terjadi 1 miliar kasus, dimana 3 hingga 5 juta adalah kasus parah, yang mengakibatkan 290.000 hingga 650.000 kematian pernapasan terkait influenza.

Sejak tahun lalu, para ahli kesehatan telah menyepakati setiap tanggal 1 November diperingati sebagai World Flu Day (WFD).Masih dalam rangka memperingati Hari Flu Internasional, Senin (25/11/2019), di Hoteo Borobudur, Jakarta, Prof. dr Cissy B. Kartasasmita, SpA(K), MSc, PhD menjelaskan mengenai flu yang dianggap penyakit biasa padahal justru berbahaya.

WFD memiliki empat tujuan yaitu memperingati 100 tahun pandemik influenza di dunia; meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai risiko influenza, mempercepat inovasi ilmiah dan upaya riset dalam mengatasi berbagai tantangan influenza, khususnya pengembangan vaksin flu universal, serta mendorong terciptanya global political will yang lebih kuat dalam mendukung pencegahan dan pengendalian influenza.

Hal tersebut juga dijelaskan lebih lanjut oleh dr. Dhani Arifandi, Head of Medical Sanofi Pasteur Indonesia. Ia mengatakan, "virus flu disebut sebagai ‘Virus Pintar’ karena bisa berubah setiap tahun untuk menyerang sistem kekebalan tubuh."

“Virus influenza adalah virus yang sangat mudah menular ke semua orang, penularan nya pun mudah menyerang semua kalangan, baik anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua” lanjut dr. Dhani.

Untuk meminimalisir hal itu, kita disarankan untuk melakukan vaksinasi rutin setiap bulan, mengingat penyebaran virus influenza di indonesia terjadi sepanjang tahun.

“Vaksinasi merupakan investasi kesehatan di masa depan. Semua orang, termasuk yang sehat pun, berisiko terkena influenza. Oleh karena itu, kami pun bermitra dengan Kementerian Kesehatan, Indonesia Influenza Foundation, dan Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya vaksin influenza, khususnya menjelang musim liburan akhir tahun. Kami berharap, masyarakat dapat melakukan pencegahan melalui vaksinasi influenza sehingga dapat menjalani hidup yang bermakna.” ujar dr. Dhani.

Reporter: Inggris Sevira