Ini Rahasia Billy Boen Dirikan Young on Top

Jakarta - Billy Boen menceritakan kisahnya mendirikan Young On Top (YOT) saat Young on Top National Conference 2019 di Balai Kartini Expo, Jakarta, Sabtu (6/4/2019). Awalnya dia bingung saat sudah mencapai puncak karir saat masih berusia di bawah 30 tahun. 

Kemudian, dia mendapatkan cerita dari anak muda miskin di Medan, Sumatra Utara. Menurutnya, anak muda itu tidak mampu meneruskan pendidikan lebih tinggi lagi. 

Akhirnya dia menemukan inspirasi hidupnya. "Tujuan hidup saya pada akhirnya hanya satu: to share more, berbagi" kata Billy Boen. 

Dengan bertujuan untuk menciptakan generasi pemuda yang kuat bagi Indonesia, Billy akhirnya mendirikan komunitas Young on Top (YOT). Awalnya, YOT ini dia biayai sendiri.

Namun, setelah diundang oleh Andy F Noya di Kick Andy, dia berubah pikiran.
"Kata dia, saya egois. Duit saya kan harusnya untuk anak dan istri saya. Dia sarankan saya untuk bangun perusahaan, yang profitable, tapi bermanfaat bagi banyak orang" kisahnya.

Akhirnya, YOT berubah menjadi perusahaan. Namun membangunnya sangat tidak mudah. Bahkan Billy sempat kekurangan dana.

"Saya sering bolak balik ke ATM untuk menemukan bahwa saldo saya kosong" ujarnya.

Namun, setelah 10 tahun usahanya telah menunjukkan hasil. Kini, YOT telah memiliki 1100 pengurus di 24 wilayah, dengan 600.000 anggota. Bahkan di tahun 2018, YOT sudah mengadakan 275 kegiatan sosial.

"Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan YOT 2.0, sebuah mobile app yang akan mengkoneksi para yoters untuk saling berbagi, belajar dengan konten-kontek teks, video, dan podcast, termasuk juga akses langsung dari mentor" tambahnya

Reporter: Andi Wirapratama