• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Ini Komunitas Generasi Milenial yang Kompeten, Peduli dan Mandiri

    Mencetak Social Entrepreneur Muda yang Peduli dan Mandiri merupakan visi dari salah satu komunitas yang ada di Indonesia, yaitu komunitas sahabat muda (SM). Komunitas Sahabat Muda terbentuk pada tahun 2014 yang tersebar dibeberapa Kota di Indonesia seperti Pekanbaru, Makassar, Surabaya, Denpasar, Jakarta, Mataram, dan Malang.

Relawan adalah sebutan bagi anggota Komunitas Sahabat Muda. Pembinaan karakter, pelatihan kompetensi dan kepemimpinan, pelayanan dan pembinaan masyarakat, magang liburan semester, serta berlatih wirausaha merupakan program dari komunitas sahabat muda.

     

 “Saya teringat dengan perkataan Agnes Monica pada salah satu Stasiun Televisi Indonesia yang mengatakan bahwa jangan mau kehilangan masa tua, pergunakanlah masa muda untuk meraih bintang dengan terus berlatih dan kerja keras. Jangan menolak untuk belajar kompetensi. Kuasai kompetensi lebih dari satu dan perbanyak jam terbang untuk menambah pengalaman”, kata Deddy Wahyudi disela-sela penyampaian materi workshop.

Workshop yang bertema “Membangun Kompetensi Sejak Muda” menjadi agenda rutin yang diadakan setiap bulan oleh Komunitas Sahabat Muda disetiap Kota. Pelaksanaan agenda workshop berlangsung di Graha Pena masing-masing Kota. Agenda tersebut diadakan dengan tujuan sebagai rekrutmen anggota baru Komunitas Sahabat Muda yang ditujukan kepada anak muda usia 18-25 tahun. Deddy Wahyudi, hadir sebagai pembicara tunggal sekaligus pendiri dan penasehat Sahabat Muda Indonesia.

    

     Motivasi agar anak muda semangat meraih bintang, menguasai kompetensi lebih dari satu, menjadi poin yang paling menarik selama acara berlangsung. Tak heran kegiatan di sahabat muda selalu dipenuhi oleh anak-anak muda yang bersemangat. Berani maju kedepan, berani memperkenalkan diri, menjadi hal yang luar biasa bagi peserta yang minim akan pengalaman berorganisasi. Komunitas Sahabat Muda siap untuk bersama-sama membangun sikap mental positif, membentuk jiwa pemimpin dan semangat juang tinggi meraih cita-cita.

    

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi generasi muda yang selalu menebar manfaat. Melihat kondisi masyarakat banyak yang terpinggirkan dibalik gemerlapnya gedung tinggi yang bertebaran, Komunitas Sahabat Muda mengadakan program kegiatan yang disebut Sahabat Peduli, yaitu Sahabat Anak, Sahabat Jompo, Serta Sahabat Masjid. Kegiatan ini dilakukan dengan menelusuri wilayah pekanbaru dan dilakukan setiap hari oleh para relawan Komunitas Sahabat Muda. Kegiatan sahabat peduli anak bertujuan dalam mewujudkan salah satu misi dari SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) yaitu memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung belajar seumur hidup bagi semua orang. Sahabat peduli anak mengajak anak-anak membaca, bercerita, dan bermain sambil belajar serta mengelola alam sekitar sebagai literasi belajar.

 

  

Selain menumbuhkan kepedulian, Komunitas Sahabat Muda juga mengajarkan bagaimana menjadi seorang Entrepreneur. Ketika seseorang lulus, akan banyak pertanyaan dan tantangan yang harus dihadapi. Mencari pekerjaan ataupun melanjutkan sekolah merupakan dilema bagi seseorang yang akan dan baru lulus.

Banyak rencana tetapi belum tentu terlaksana. Oleh karena itu, Komunitas Sahabat Muda menggagas program kegiatan Bisnis Sosial yang biasanya dilakukan pada hari jumat dan ahad. Bermodal percaya diri dan semangat yang tinggi ketika melatih diri dalam berwirausaha. Bukan hal yang mudah, namun semua itu akan bisa jika terbiasa dan dapat dijadikan suatu pengalaman yang berharga.

Perbedaan umur, gender, daerah, jurusan serta universitas menjadi keberagaman yang saling melengkapi di Komunitas Sahabat Muda. Siapapun bisa jadi pemimpin, asalkan mau belajar dan berbagi. Begitulah yang diajarkan oleh Komunitas Sahabat Muda.

 

Sumber:  Deddy Wahyudi (Pendiri Komunitas Sahabat Muda), sdg2030indonesia.org,                               sahabatmuda.org, makassar.terkini.id.

Gambar:  sahabatmuda.org, SM Pekanbaru, SM Mataram.

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0