Indonesia Konsisten Perjuangkan Palestina

Depok - Diplomasi Indonesia tetap menganggap isu Palestina sebagai prioritas. Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno L.P. Marsudi, menuturkan bahwa Indonesia berusaha untuk memperjuangkan keberpihakan kolektif dunia untuk isu Palestina.

" Jika dunia tidak sepakat, Palestina akan terus mengalami kesulitan dan bermasalah" ujar Retno dalam Kuliah Umum Tantangan dan Diplomasi Indonesia di Universitas Indonesia, Depok, Rabu (10/4/2019).

Wujud konkritnya, Indonesia hadir dalam UN Forum of Palestine. Disana, Indonesia menekankan bahwa solusi perdamaian antata Palestina dan Israel hanyalah eksistensi dan pengakuan negara Palestina yang berdampingan dengan Israel (two state solution).

Di sisi lain, Indonesia berupaya untuk mencegah negara lain memindahkan kantor kedutaannya ke Yerusalem, ibukota kontroversial Israel yang disengketakan dengan Palestina. 

Apalagi, Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump, sudah memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem, Israel, pada 14 Mei 2018. Hal itu dianggap melanggar Hak Asasi Manusia (HAM), khususnya untuk warga Palestina.

"Kita melakukan pendekatan ke negara-negara yang punya hubungan diplomatik dengan Israel untuk tidak melakukan itu" terang Menteri Retno.

Menteri Retno juga bercerita bahwa dalam beberapa pertemuan diplomatik, delegasi Palestina sangat mengapresiasi sikap Indonesia dalam memperjuangkan isu ini.

"Mereka mengatakan bahwa Palestina itu adalah sahabat Indonesia yang konsisten membela mereka" ungkapnya.

Dengan kata lain, menurut Menteri Retno, peran Indonesia sangat penting dan sangat diapresiasi dunia terutama dalam keberpihakan kolektif untuk isu Palestina.

Reporter: Andi Wirapratama