Hari Pers Nasional 2019, Pelatihan Pertolongan Pertama untuk Wartawan Diadakan

Jakarta, 9 Februari 2019 -  dalam rangka memperingati hari pers nasional, PT Siaga Solusi Terpadu, perusahaan fasilitator darurat medis dan bencana alam serta penyedia sistem darurat terpadu, menyelenggarakan program CSR mereka yaitu pelatihan pertolongan pertama khusus untuk wartawan. Kegiatan ini diikuti oleh wartawan dari berbagai media baik media cetak, televisi maupun media daring.

Pelatihan ini berisi seminar dan praktek bagi wartawan agar mereka selalu siap jika mereka menghadapi situasi darurat. Situasi darurat yang diajarkan disini adalah situasi sehari-hari yang sering dihadapi orang-orang dan miskonsepsi yang menyelimutinya seperti serangan jantung, tersedak, dan pendarahan.

Fasilitator seminar dan pelatihan, Ivan Muliadi menyatakan pentingnya pengetahuan pertolongan pertama bagi orang awam karena banyak situasi kecelakaan atau gejala penyakit yang menyebabkan kematian dapat tertolong jika orang awam di sekitarnya tahu apa yang harus dia perbuat. Ia juga memohon pada pemerintah untuk mengadakan fasilitas darurat yang lebih lengkap di tempat umum seperti alat AED atau alat pacu jantung karena akan ada banyak orang yang dapat diselamatkan jika ada alat tersebut.

Penulis : M. Raihan Sujatmoko