Hangatnya Jokowi dan Prabowo Setelah Debat Capres ke-4

Jakarta - Debat Calon Presiden ke-4 yang digelar di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019), tema yang diusung kali ini, ideologi, pemerintahan, hubungan internasional dan pertahanan keamanan. Acara debat ditutup 22.35, setelah kedua calon Presiden, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo unjuk gigi mengeluarkan pendapat.

Suasana sempat berlangsung seru saat Jokowi dan Prabowo berbeda pendapat. Namun setelah selesai debat, keduanya justru memperlihatkan hubungan yang hangat, saling mendukung dan memberikan sanjungan.

"Saya dan Pak Ma`ruf Amin, malam hari ini, ingin menyampaikan melalui debat malam ini, kita banyak perbedaan pendapat. Namun kita jangan pernah lupa bahwa yg terpenting adalah tentang debat, tapi masa depan dan kesejahteraan bangsa kita," ungkap Jokowi.

Jokowi menambahkan, "tentang memahami dan menyayangi rakyat dan bangsa ini. Bagaimana mendengarkan dan mencarikan solusi pd bangsa dan negara ini. Saya senang naik sepeda dan sering rantainya putus, bahwa rantai persahabatan saya dengan Pak prabowo tidak akan pernah putus. Juga tali persahabatan Ma`ruf Amin, Pak Prabowo dan Sandiaga Uno tidak akan pernah putus, tali sahabat dan silaturahmi antar kita," tutup Jokowi.

"Memang ini debat audiens kalau lihat kita terlalu bersahabat (aneh), gimana ya, saya bersahabat dengan beliau. Kalau kita berbeda ya tentang kenegaraan," sebut Prabowo.

Prabowo menambahkan, "maaf, saya keras bicaranya karena setengah Banyumas, setengah Minahasa. Sementara, Bapak (Jokowi) kan solo. Jadi, lebih halus. Saya hormat dengan bapak meski kita berbeda. Saya yakinkan bahwa saya bersahabat dgn tokoh-tokoh semua, sahabat saya, Ibu Megawati, Mbak Yenny Wahid. Kita berjuang bersama-sama biar rakyat yang tentukan nasib bangsanya sendiri."

Reporter: Raihan Sujatmoko