Fenomena Fans Militan di K-Pop

Artis yang terjun di industri hiburan terbiasa menghadapi penggemar, termasuk idola K-Pop. Bagi mereka, fans merupakan orang yang sangat penting, memberikan dukungan saat mereka berkarya.

Namun beberapa penggemar ini ada yang berlebihan dalam menyukai idolanya. Tak hanya sekedar memberikan dukungan, fans ini bertingkah militan. Mereka terobsesi yang oleh idolanya disebut dengan sasaeng.

Sasaeng fans ini terkadang melampaui batas. Mereka menerobos masuk ke tempat tinggal idolanya, atau menjadi penguntit. Bahkan, beberapa dari mereka membahayakan idola.

Pada 2013, Seungri `BigBang` tengah berada di Shanghai, Tiongkok, dibuntuti mobil lain. Akibatnya, Seungri nyaris mendapatkan kecelakaan.

Kejadian tersebut bermula ketika Seungri dan staff-nya tengah berkeliling di wilayah negeri tirai bambu. Tiba-tiba, mobil milik sasaeng muncul dan mengejar mobil Seungri.

Akhirnya, mobil yang ditumpangi salah satu personel BigBang ini pun berhenti mendadak. Mobil staff yang berada di belakangnya menabrak mobil Seungri. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Hal ini juga mulai dialami Wanna One dengan kejadian berbeda. Boyband pendatang baru sampai diikuti sasaeng saat ke toilet.

Sasaeng ini membayar orang lain dengan jumlah besar untuk mengikuti personel Wanna One. Kemudian, mereka mengambil foto mereka saat berada di toilet. Bahkan, ada juga fans militan yang berusaha merekam kegiatan member Wanna One di toilet. Hal itu sudah sangat mengganggu.

 

Sumber: Dispatch, Soompi, KoreaBoo
Foto: BigBangOfficial, Wanna One Official

 

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0