• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Fakta dan Mitos HIV AIDS yang Belum Banyak Diketahui

HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yang secara bahasa dapat diartikan sebagai virus yang mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh. Sedangkan AIDS yang merupakan singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome berarti sekumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh menurunnya daya tahan tubuh. Faktanya masih banyak masyarakat yang salah dalam mengartikan keduanya dengan menyandingkan keduanya. HIV dan AIDS tidaklah sama, sebab AIDS merupakan tahap lanjutan dari perkembangan virus HIV di dalam tubuh. Berikut beberapa fakta yang belum banyak diketahui oleh masyarakat mengenai HIV AIDS.

Fakta pertama, virus HIV merupakan virus yang menular melalui kontak langsung dengan cairan dalam tubuh. Cairan yang menjadi media penularan virus HIV antara lain Darah, Cairan kelamin (terbagai menjadi cairan vagina dan cairan sperma), dan ASI. Selain dari cairan tersebut, tidak ditemukan penyebab penularan lainnya.

Fakta kedua, virus HIV tidak menular melalui kontak sosial seperti berciuman, berpelukan, berjabat tangan, ataupun berbagi alat makanan. HIV juga tidak akan menular dengan tinggal serumah bersama ODHA (Orang Dengan HIV Aids). Persepsi masyarakat yang mengatakan bahwa HIV dapat menular melalui berbagi alat mandi, alat makan, tempat tidur, tidaklah benar. Faktanya virus HIV akan mati apabila terlalu lama terpapar udara luar tubuh, maka berbagi tempat tidur ataupun bersentuhan dengan keringan ODHA tidak akan membuat orang tersebut tertular HIV.

Fakta ketiga yaitu virus HIV belum ada obatnya. Obat untuk membersihkan virus HIV seutuhnya dari tubuh ODHA memang belum ditemukan. Namun, ada ARV (Anti Retroviral) yang merupakan obat untuk menghambat laju infeksi virus HIV dan menekan jumlah virus HIV dalam tubuh. ARV dapat dengan mudah diperoleh di instansi kesehatan seperti Rumah Sakit dan Puskesmas.

Dengan mengetahui faktor penularan dan cara penanganannya, diharapkan masyarakat dapat bersikap lebih bijak dan tidak acuh terhadap ODHA. Lakukan kebiasaan baik, dan hindari perilaku menyimpang akan mencegah diri dari terjangkit virus HIV serta penanganan yang tepat dapat menjauhkan dari AIDS. Segera cek status HIV anda di Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

(Berbagai Sumber)

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0