• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Es Gempol Pleret, Kuliner Manis dari Sukoharjo

Es Gempol Pleret merupakan minuman khas Jawa Tengah yang berbahan dasar tepung beras yang dibuat bulat-bulat. Lalu, disajikan dengan gula aren dan es batu yang akan menambah rasa segar dan legit.

Ketika cuaca panas, es ini sangat cocok untuk diburu dan di masukkan dalam list kuliner di Sukoharjo yang bisa menyegarkan dan melepas dahaga.

Dalam satu mangkok es gempol pleret berisi beraneka macam isi seperti Gempol sebagai ciri khasnya, di tambah Pleret dan bola-bola kecil seperti mutiara yang terbuat dari sagu. Cita rasanya gurih legit karena ada guyuran santan dan pemanis alami yaitu gula aren yang bercampur dalam satu mangkuk. Serta tak ketinggalan serutan es batu yang menyegarkan dan  mendapatkan sensasi kesegaran yang berbeda

​Bedanya, es gempol pleret dengan es lainnya adalah Gempol dan Pleretnya. Pada gempol menyerupai bola, pleret yang menyerupai gulungan kuncup pisang yang pipih dan berwarna merah muda atau coklat, cita rasa legitnya yang alami serta namanya yang unik.

“Penikmatnya tak hanya masyarakat Sukoharjo saja tapi dari daerah lain, yang penasaran dan ingin menikmatinya manis legitnya serta kesegaran es gempol pleret. Penikmatnya juga dari  segala usia,”tutur Marni, salah satu penjual es gempol pleret di Sukoharjo.

Es Gempol pleret merupakan minuman tradisional yang melegenda dan dapat untuk menikmati kuliner ini anda bisa menuju Sukoharja Jawa Tengah dengan posisi berada di dekat Alun-Alun Sukoharjo.

Dengan satu mangkoknya di jual dengan harga Rp.5 ribu. Jika anda sedang di Sukoharjo, jangan lewatkan untuk mencoba kuliner khas Jawa Tengah yang satu ini.(DP)

 

Sumber : hasil wawancara, penelusuran kuliner

Gambar : kamera pribadi

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0