Ditanam oleh Pemprov DKI Jakarta, Apa Fungsi dari Lidah Mertua?

Jakarta - Demi mengurangi tingkat polusi udara, Pemprov DKI Jakarta berencana menempatkan tanaman lidah Mertua di kantor walikota dan beberapa titik kota Jakarta. Tanaman lidah mertua dipercaya dapat mengurangi tingkat polusi. Apa sebenarnya tanaman lidah mertua?

Lidah Mertua atau Sanseviera Trifasciata adalah jenis tanaman yang tumbuh di daerah Asia Tenggara dan Afrika. Tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias yang biasa diletakan di dalam gedung. Selain untuk alasan estetika, ternyata lidah mertua punya manfaat-manfaat lain.

Sebagai tanaman hias yang diletakan di dalam gedung, lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap racun di udara. Studi dari NASA membuktikan kalau tumbuhan ini dapat menyerap racun benzene, xylene, trichlorethyrene, dan formaldehyde. racun-racun ini banyak terdapat pada udara yang terkontaminasi polusi. Racun ini sangat berbahaya ketika dihirup. Salah satu dari racun ini, Benzene atau Benzena dapat memicu kanker darah (leukemia).

Selain menyerap racun, lidah mertua juga dapat menghasilkan oksigen. Dikutip dari Balcony Garden, salah satu penelitian Harvard University Extension menyatakan kalau tanaman lidah nenek menghasilkan lebih banyak oksigen dibandingkan tanaman lain. Salah satu keunikan dari tanaman ini adalah ia dapat mengubah karbondioksida menjadi oksigen pada malam hari, berbeda dari tanaman lainnya yang justru menghasilkan karbondioksida pada malam hari.