Digelar Virtual, Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-75 Jadi Sejarah Baru

Perayaan HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun ini berbeda. Pertama kali dalam sejarah Indonesia, upacara peringatan detik-detik proklamasi digelar secara virtual pada Senin, (17/8/2020). Perayaan secara virtual ini dilakukan guna mendukung protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Mestinya sejak 2 minggu lalu, berbagai lomba dan karnaval perayaan peringatan hari kemerdekaan menyelimuti suasana bulan kemerdekaan ke-75 RI. Namun, semua yang sudah kita rencanakan harus berubah total. Semua ini tidak boleh mengurangi rasa syukur kita dalam memperingati 75 tahun Indonesia Merdeka,” ucap Presiden RI Joko Widodo saat menyampaikan pidato Kemerdekaan RI pada sidang tahunan MPR RI di Gedung Nusantara MPR/DPR RI (14/8/2020).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang berlangsung megah dan ramai di Istana Merdeka, perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini digelar sederhana secara virtual. Masyarakat dilarang datang menyaksikan langsung upacara pengibaran bendera di Istana Merdeka seperti biasanya. Peserta yang diundang hadir langsung di Istana pun sangat dibatasi. Hanya terdiri dari 20 orang yang mewakili TNI AU, TNI AD, TNI AL dan Polri.

Masyarakat hanya dapat menyaksikan Perayaan HUT Kemerdekaan RI melalui telekonferensi Zoom oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Kuota peserta yang disediakan oleh pihak Kemensetneg sebanyak 17.845 orang. Momentum ini juga disiarkan melalui kanal YouTube Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), dan beberapa stasiun televisi.

Meski berbeda, perayaan HUT Kemerdekaan RI virtual ini tetap berlangsung khidmat. Acara berlangsung dari pukul 09.00 hingga 10.45 WIB. Peserta yang hadir pada upacara pengibaran bendera virtual diminta sikap sempurna dari rumah selama tiga menit pada pukul 10.17 hingga 10.20 WIB.  

“Seluruh masyarakat Indonesia berdiri tegap saat pengumandangan lagu “Indonesia Raya” secara seremtak di berbagai lokasi,” tulis Menteri Sekretasi Negara (Mensetneg) Pratikno dalam Surat Edaran Kemensetneg tentang Pedoman Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2020.

Pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kali ini, Menteri Agama (Menag) RI Fachrul Razi membacakan doa. Ia mengucapkan rasa syukur juga harapan agar pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini segera berakhir. “Sehatkan, kuatkan dan tabahkan kami dalam menghadapinya,” ucapnya.  (ARF)