Debat Cawapres 2019, Berlomba-lomba Tawarkan Solusi Baru

Jakarta - Debat Calon Wakil Presiden 2019 (Cawapres 2019) berlangsung malam ini, Minggu (17/3/2019), di Hotel Sultan, Jakarta. Kedua Cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno hadir dengan didampingi para pendukung mereka.

Dalam salah satu bahasan, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno mengungkapkan beberapa solusi saat menghadapi masalah bangsa yang tengah terjadi. Salah satunya, mengenai pengangguran.

Ma'ruf Amin mengatakan, "Tingkat pengangguran terendah selama 20 tahun yaitu 5.12%. Pemerintah telah banyak membangun infrastruktur yang menjadi basis dari keberadaan unicorn dan sebentar lagi decacorn di Indonesia."

Sementara, Sandiaga Uno menyebutkan, "rumah siap kerja akan menawarkan link and match. Banyak siswa lulusan sekolah menengah kejuruan yang menganggur 61%. Solusinya, meningkatkan keterampilan sesuai dengan tuntutan pekerjaan masa kini. Memberikan insentif kepada BUMN agar menyelenggarakan magang."

Untuk masalah budaya, Sandiaga Uno berharap bisa mengucurkan dana lebih besar lagi. Dengan anggaran, menurutnya, sektor busaya bisa diselamatkan.

"Anggaran infrastruktur budaya masih kurang. Jika dibangun, kerjasama pemerintah dengan pihak lain di sektor lain bisa meningkatkan pula. Meningkatkan anggaran dan wewenang di sektor budaya," ungkap Sandiaga Uno.

Ma'ruf Amin menyebutkan,"bangsa punya strategi pengembangan kebudayaan. Konservasi dan globalisasi budaya ke dunia luar. Menyiapkan dana abadi budaya. Budaya juga akan dikembangkan lewat festival kebudayaan besar akan banyak diselenggarakan si banyak negara."

Reporter: Raihan Sujatmoko

Foto: Khoiril R Syam