• A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: rss_hide

    Filename: partials/_social_media_links.php

    Line Number: 45

    Backtrace:

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_social_media_links.php
    Line: 45
    Function: _error_handler

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/views/partials/_header.php
    Line: 770
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/application/controllers/Home.php
    Line: 164
    Function: view

    File: /home/isnaenirikki/public_html/index.php
    Line: 315
    Function: require_once

Cerita tentang Sel Darah Putih

Sel darah putih merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai serangan penyakit. Pada bayi yang baru lahir jumlah sel darah putihnya masih sangat banyak yakni antara 9.000-30.000 per mikroliter darah. Pada orang dewasa normal, sel darah putih berjumlah antara 3.500-10.500 per mikroliter darah.*

Sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh, sel darah putih memiliki sejumlah fakta menarik. Pertama, asal sel darah putih. Sel darah putih dibentuk di bagian sumsum tulang belakang manusia, tepatnya adalah hasil dari sel induk hematopoietic pluripotent.

Fakta kedua, sel darah putih dibedakan menjadi lima jenis oleh karakteristik fisik dan fungsionalnya, yaitu Monosit, Limfosit, Netrofil, Basofil, dan Eosinofil. Masing- masing memiliki peran yang penting dalam tubuh yaitu sebagai perlawanan terhadap segala jenis bakteri, virus, ataupun benda asing yang termasuk ke dalam tubuh.

Fakta selanjutnya dari sel darah putih adalah, dapat dijadikan indikator kesehatan. Sebab sel darah putih merupakan pelengkap dari sel darah lain, sehingga kelebihan ataupun kekurangan sel darah putih akan mengakibatkan terganggunya kinerja sel darah lain, yang menjadikan kekacauan pada sistem kekebalan tubuh.

Kekurangan sel darah putih dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terserang berbagai penyakit, salah satu yang paling berbahaya adalah HIV AIDS yang semakin menurunkan jumlah Leukosit dalam tubuh. Sementara itu, kelebihan sel darah putih akan menyebabkan tubuh menunjukkan reaksi yang berlebihan dan malah bertambah jumlahnya secara tak terkendali/abnormal, kondisi ini sering disebut dengan Leukemia.

Menjaga keseimbangan sel darah putih dalam tubuh merupakan hal yang harus dilakukan, selain dari faktor riwayat keluarga, dan kebiasaan buruk. Tidak ada alasan yang dapat menyebabkan kelebihan ataupun kekurangan sel darah putih.

(Berbagai Sumber)

​​​​

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0