Cegah Corona? Biasakan Hidup Sehat dan Bersih!

Pernyataan Joko Widodo beberapa waktu lalu mengenai 2 orang WNI yang tertular COVID-19 mengagetkan masyarakat Indonesia. Dari masker, hand sanitizer hingga obat-obatan herbal langka di pasaran akibat kepanikan masyarakat Indonesia, sehingga mereka memborongnya. Namun, apakah dengan menggunakan masker dan hand sanitizer serta mengonsumsi obat-obatan herbal bisa mencegah terjangkitnya virus corona?

Kepala Jaringan Medis High Desert International (HDI) Dokter Ivan Hoesada mengatakan tindakan preventif untuk mencegah virus corona adalah dengan hidup sehat dan bersih. Dengan membiasakan hidup sehat dan bersih akan meningkatkan imunitas seseorang. Untuk itu, Ivan sangat menganjurkan masyarakat untuk hidup sehat dan bersih.

Menurut dokter spesialis dalam Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Soroy Lardo, COVID-19 menular kepada orang yang memiliki imun yang lemah.

Hingga saat ini korban terpapar covid-19 mencapai  92 ribu, dan 3,2 ribu, mayoritas korban ialah lansia. Mereka adalah orang-orang yang memiliki imun  tubuh yang lemah. "Ia (Covid-19) akan berperan terhadap tubuh yang rentan untuk reproduksi dan revitasi virus," ungkapnya.

Untuk meningkatkan imun, Ivan menambagkan masyarakat sebaiknya berolahraga secara teratur dan mengelola stres. “Stres akan mengurangi imunitas,” katanya. Ia juga menambahkan agar menghindari makanan yang dibakar karena mengandung banyak radikal bebas. (Zikri/YSN)