Cacar Monyet Menyerang Singapura, Ini Kata Kemenkes

Jakarta - Singapura sedang diserang wabah penyakit cacar monyet. Penyakit manusia yang menular lewat hewan seperti monyet dan tikus itu sedang menyerang negara tetangga tersebut. Lokasi Singapura dengan Indonesia yang berdekatan membuat warga Tanah Air waspada.

Kementerian Kesehatan langsung memberikan pernyataan. Direktur Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Anung Sugihartono meminta masyarakat agar tidak perlu panik

"Kami berusaha mencegah agar cacar monyet tak menyebar ke Indonesia, melalui detect dan prevent di pintu masuk negara" Kata Anung kepada Wartawan Media Akutahu, Selasa (14/5/2019).

Kemenkes pun belum mengambil tindakan khusus atas merebaknya wabah ini di negara tetangga. Ia menyarankan bagi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan. Lebih khusus lagi ia mewanti-wanti masyarakat agar menghindari kontak langsung dengan tikus atau primata lainnya dan menghindari daging yang tidak dimasak dengan baik.

"Pola hidup sehat harus diterapkan. Jangan sampai lupa! Selain itu, untuk saat ini, kalau bisa menhindari kontak langsung dengan tikut atau primata," sebut Anung.

Penyakit cacar monyet atau Monkeypox adalah penyakit yang menular melalui hewan. Gejala penyakit ini antara lain, demam, sakit kepala akut, dan pembesaran kelenjar getah bening. Penyakit ini tidak hanya ditularkan melalui monyet. Tikus dan tupai juga bisa menularkan penyakit ini. Seperti dikutip dari rilis pers Kemenkes, penyakit ini tidak membutuhkan penanganan khusus dan akan sembuh dengan sendirinya.