Bukan Hanya Yogyakarta, Sukoharjo Juga Punya Wisata Air

Selama ini, Yogakarta dikenal dengan wisata airnya. Salah satunya, Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Gunungkidul.

Kini, wisata air kini tak hanya ada di Yogayakrta saja, tapi juga Sukoharjo. Di Dukuh Menjing RT 03, RW 09, Desa Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo telah  dibuka wisata menyusuri air sungai Menjing sejauh 1,5 km. Keindahannya juga tak kalah dengan Gua Pindul di Yogyakarta.

Wisata air di Sukoharjo, memanfaatkan aliran sungai yang tidak terlalu deras. Selain itu, kedalamannya hanya sekitar 1 meter menjadikan wisata air ini aman untuk dijajaki. Untuk menyusuri air sungai sejauh 1,5 km membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.

Gua Pindul di Yogyakarta (Desika Pemita/Akutahu.com)

Wisata menyusuri air sungai Menjing mulai dibuka awal tahun 2019, diharapkan bisa menarik wisatawan lokal atau mancanegara. Menurut pengelola wisata air sungai Menjing, Suhirno, pencetus ide wisata ini adalah Kepala Desa Gayam, Havid Danang.

“Pak Havid melihat, alam di Dukuh Menjing ini bagus, ada sungainya dan sawahnya lalu beliau mengusulkan untuk memanfaatkan aliran sungai ini untuk wisata,” kata Sahirno(1/1/2019).

Dan pihak pengelolanya sendiri memberikan pelayanan kepada pengunjung yang ingin mencoba keseruan menyusuri air sungai ini dengan harga cuma-cuma alias gratis, serta menyediakan delapan orang sebagai tour guide untuk menemani pengunjung menyusuri sungai. Dan jika perut keroncongan setelah menikmati menyusuri sungai, pengunjung bisa mampir di warung-warung milik warga sekitar dengan harga pas di kantong.

 

Sumber : Hasil wawancara, TRIBUNSOLO.COM

Gambar : rmoljateng