Korean wave, istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk kebudayaan populer (pop culture) Korea Selatan. Bentuknya, lewat drama, film, hingga musik yang diekspor ke berbagai negara di dunia. Salah satu bagian hallyu wave yang tengah fenomenal adalah K-Pop. Perlu digarisbawahi, K-Pop merupakan bagian dari Hallyu Wave atau Korean Wave.

Lewat musik K-Pop, banyak penikmat musik yang terbius. Bahkan, K-Pop berhasil menginvasi benua Amerika. Selama ini, Amerika dengan Hollywood-nya dianggap sebagai tolak ukur di industri hiburan dunia. Namun kehadiran BTS dianggap memberikan warna berbeda. Akhirnya, membuat K-Pop makin populer.

BTS merupakan singkatan group idol Bangtan Boys. Boyband asuhan BigHit Entertainment in beranggotakan tujuh personel. RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook debut 2013, dianggap sebagai third generation group idol.

Seperti dilansir dari Liputan6.com, tak ada yang menyangka BTS bisa sangat populer. Alasannya, BTS berasal dari agensi kecil. Mereka juga sempat dipandang sebelah mata. Kini, BTS menjadi fenomena baru di industri musik.

Di tahun ini saja, BTS berhasil membawa pulang deretan penghargaan internasional, termasuk Billboard Music Awards 2018. Tak hanya itu, RM dan kawan-kawan juga memenangkan piala bergengsi iHeartMusic Awards 2018. BTS tercatat sebagai satu-satunya group idol asal Korea Selatan dengan prestasi tersebut, dilansir dari Billboard.com.

Popularitas BTS membuat Korea Selatan makin terangkat di mata dunia. BTS dianggap membuat Hallyu Wave makin bersinar. Korea Selatan berhasil meningkatkan devisa negaranya.

Lewat K-Pop, Korea Selatan berhasil memasarkan produk-produk komersial dan pariwisatanya. Akhirnya, Korean Wave bukan lagi sekedar transfer budaya lintas-negara atau perluasan industri hiburan. Kini, telah menjadi kekuatan bagi Korea Selatan dalam memperoleh keuntungan ekonomi.

Sumber:
Liputan6.com
Billboard.com

Sumber foto: Naver

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0