Bermain dan Belajar di Tempat pembuangan Akhir Sampah Manggar Balikpapan

Apakah terpikir untuk berwisata di tempat pembuangan sampah (TPA) sampah? TPA Manggar yang berada di Balikpapan sangat berbeda. TPA ini jauh dari kesan kotor dan bau, bisa menjadi salah satu alternatif Edu Wisata yang sangat yang sangat menarik untuk keluarga.

Di dalam kawasan TPA Manggar dapat menikmati pemandangan yang asri bisa sambil duduk di pondokan yang telah di sediakan oleh pengelola. Di setiap pondokan juga di sediakan kompor gas yang berasal dari hasil pengolahan sampah, dan pengunjung di persilahkan untuk menggunakan kompor tersebut.

Tidak hanya itu, di TPA manggar ini, lokasi bermain anakpun juga telah disediakan. Bagi anak-anak yang ingin membaca, petugas juga telah menyediakan perpustakaan sebagai tempat baca dengan suasan yang berbeda.

Pengetahuan apalagi yang bisa didapat?

Di TPA Manggar ini, para pengunjung dapat menyaksikan proses pengolahan sampah mulai dari pemisahan antara sampah anorganik dan juga sampah organik.Proses berikutnya yaitu, pengolahan sampah anorganik menjadi begbagai kerajinan seperti bantal, tempat tisu hiasan dinding, vas bunga dan lain-lain. Sedangkan untuk sampah organik akan TPA ini akan mengolahnya menjadi pupuk kompos yang di proses pembuatannya juga bisa kita lihat.

Pada proses akhir, sampah di sini pun di olah menjadi pembangkit listrik dan gas. Nahkas gas yang di hasilkan oleh TPA ini sudah dapat dinikmati 150 kepala keluarga di sekitarnya secara gratis. Nah, TPA tidak lagi identik dengan kotor dan bau kan? Tidak akan ragu lagi kan untuk berwisata dan belajar di edu  wisata TPA Manggar jika anda berkunjung ke Balikpapan.

 

Sumber : KaltimTerkini.com

Sumber Gambar : http://kaltim.prokal.co