Berkebun di Jakarta? Bisa!

Sebagai ibukota negara dengan jumlah penduduk sekitar 10,28 juta menurut BPS tahun 2017, Jakarta menjadi salah satu kota metropolitan terpadat di Indonesia. Pembangunan fasilitas publik, perumahan, area bisnis dan perumaham membuat lahan kosong untuk aktivitas berkebun menjadi semakin sempit. Lalu apakah artinya warga Jakarta yang hobi berkebun tidak bisa menyalurkan hobinya tersebut? Komunitas Jakarta Berkebun memberikan solusinya!

Jakarta Berkebun merupakan komunitas urban farmer Jakarta, yang merupakan bagian dari jejaring komunitas Indonesia Berkebun. Urban farming itu sendiri merupakan kegiatan pemanfaatan lahan tidur di kawasan perkotaan menjadi lahan pertanian yang produktif yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Komunitas ini bahkan telah memiliki follower sebanyak 23,2 ribu di platform twitter dan sekitar 12 ribu follower di akun instagram resminya. Komunitas ini berlokasi di kawasan Kebun Jeruk Jakarta.

Sebagai komunitas berkebun, tentu saja kegiatan utama komunitas ini adalah berkebun. Dan sesuai dengan definisi urban farming di atas, aktivitas berkebun yang dilakukan komunitas ini adalah di lahan yang belum dimanfaatkan alias lahan nonproduktif. Komunitas ini memiliki kegiatan rutin mingguan dan kegiatan lain yang salah satunya dapat bekerja sama dengan komunitas lain. Sebagai contoh, dalam post instagram resminya beberapa hari lalu (Kamis, 18 Oktober 2018), komunitas ini melakukan kegiatan berkebun di lokasi komunitas lain dengan antusiasme peserta yang cukup tinggi.

Selain aktivitas berkebun, komunitas ini juga memberikan pelatihan kepada murid-murid sekolah seperti di salah satu sekolah Luar Biasa (SLB) di kawasan Slipi, Jakarta Pusat. Di sini, relawan Jakarta Berkebun mengajari siswa penyandang disabilitas di sekolah tersebut mennanam sawi, kangkung dan bayam.

Di komunitas ini, setelah berkebun, para anggota komunitas ini diperbolehkan memanen dan membawa pulang hasil kebun yang telah dirawat tersebut. Tentu saja, kegiatan di komunitas ini sangat bermanfaat bagi Jakarta secara umum, karena membuat Jakarta menjadi lebih hijau, lebih asri dan lebih sehat. Bagaimana, seru bukan? Untuk yang hobi berkebun dan tertarik dengan komunitas ini, silakan mendaftarkan diri melalui akun media sosial resmi komunitas ini.

 

sumber:

Komunita.id

Indonesiaberkebun.org

www.instagram.com/jktberkebun/

www.twitter.com/jktberkebun/

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0