Berjasa, Sutopo Dapat Gelar Penghormatan Saat Pemakaman

Jakarta - Sosok Sutopo menjadi salah satu tokoh yang terkenal di lini maya, dengan informasi mengenai gempa bumi atau bencana alam. Wajar saja,  ia menjabat sebagai Kepala Pusat Data Inormasi dan Humas BPNB, membuatnya tergerak memberikan sedikit pengetahuannya.

Kini sosok Sutopo telah tiada. Sutopo Purwo Nugroho telah menghembuskan nafas terakhirnya di Guangzhou, Tiongkok 7 Juli 2019, waktu setempat. Sutopo meninggal dunia karena penyakut kanker paru-paru yang dideritanya.

Jenazah Sutopo diterbangkan dari Guangzhou ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Melalui Keterangan dari Rita Rosita, Kepala Bidang Humas BNPB, Jenazah dibawa ke Raffles Hills, Cibubur untuk dimandikan, disemayamkan dan disalatkan.

"Kira-kira jam 1 atau jam setengah 2 dini hari tadi diberangkatkan kembali ke Soekarno-Hatta untuk dibawa ke Boyolali via Adisumarmo Solo" Kata Rita dalam wawancara via telepon dengan Media AKUTAHU, Senin (8/7).

Rita melanjutkan, Sutopo diberikan prosesi pemakaman kedinasan BNPB. Upacara pemakaman Sutopo, dihadiri para aparatur sipil negara dan Gubernur Jawa Tengah.

"Mengapa seperti itu? (diberikan upacara pemakaman) mengingat Pak Topo banyak sekali jasa-jasanya di bidang informasi kebencanaan" Terang Rita.

Foto: @sutopopurwo