Belajar Project Planning and Management Bersama Media AKUTAHU

Pengalaman magang di Media AKUTAHU menyadarkan saya bahwa setiap saat akan selalu ada yang bisa kita lakukan bagi sesama.”

Ketertarikan dengan dunia jurnalistik mendorong saya untuk bergabung sebagai peserta di Magang Batch 3 Media AKUTAHU. Saya sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk terlibat secara langsung dalam proses pembuatan konten dan projek terkait pengetahuan dan jurnalisme positif di Media AKUTAHU. Saat ini, kurang lebih sudah satu setengah bulan saya bergabung di Media AKUTAHU.

Sebagai Project Officer Intern, saya memiliki kegiatan utama, yakni mendukung berjalannya pembuatan film pendek animasi tokoh utama serial komik CITA. Saya belajar cara mengelola perencanaan projek khususnya dengan pembuatan lini masa Gantt Chart. Saya juga bertugas menghubungi studio dan Production House (PH) terkait pengarahan projek ini. Saya dipercayai untuk menjadi contact person (CP) untuk proses pendaftaran studio serta PH dalam pembuatan film pendek animasi. Pada periode yang sama, terdapat dua orang yang mendapat kesempatan untuk magang di divisi ini. Setahu saya, rekan lainnya yang bertugas mendukung pelaksanaan pembuatan komik.

Selain tugas utama tersebut, saya juga mendapat pengalaman untuk diskusi dan brainstorming ide konten. Saya melihat bahwa semangat jurnalisme Media AKUTAHU sangat baik—di mana mengutamakan berita baik yang meningkatkan pengetahuan pembacanya. Hampir setiap hari, anak-anak magang diberikan kesempatan untuk menuangkan ide konten dalam rubrik-rubrik yang ada di Media AKUTAHU.

Pada periode magang ini, kami juga diberikan kesempatan untuk mengikuti diklat-diklat terkait jurnalisme yang meningkatkan skill dan kompetensi anak-anak magang. Hampir semua kegiatan juga diikuti oleh Akutahu Fans Club (AFC) sehingga kami dapat sama-sama belajar. Saya pernah bergabung dalam pelatihan pembuatan infografis dengan salah satu Content Writer dari Media AKUTAHU.

Pada pelatihan tersebut, kami diajarkan proses pembuatan infografis dengan mengangkat salah satu topik yang sedang hangat diperbincangkan. Hasil pelatihan tersebut juga dipublikasikan di akun Instagram resmi milik Media AKUTAHU. Pemateri juga memberikan tips untuk riset berita trending serta menulis dengan efektif.

Terakhir, saya juga pernah terlibat sebagai Master of Ceremony (MC) pada salah satu seminar kepahlawanan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Pada seminar itu, saya sangat terinspirasi dengan materi dan cerita yang dibawakan oleh para narasumber. Semangat kepahlawanan menunjukkan bahwa di tengah pandemi, kita terlebih anak muda masih dapat beradaptasi dan berbuat baik bagi sesama. Selain itu, beberapa narasumber seperti dari Komunitas Turuntangan dan Gajahlah Kebersihan yang membagikan ilmu dan pengalamannya dengan antusias, sehingga saya dapat secara langsung merasakan semangat mereka.

Secara garis besar, pengalaman ini menyadarkan saya bahwa setiap saat akan selalu ada yang bisa kita lakukan bagi sesama. Saya senang karena magang di Media AKUTAHU, saya selalu mendapatkan narasi positif dari user maupun teman-teman magang. Pengalaman ini membuat saya ingin lebih jauh belajar mengenai Project Planning and Management. Selain itu, saya dapat menerapkan pengalaman dan ilmu yang saya dapat untuk mengembahkan projek sosial kecil-kecilan saya bernama Tiny Hopes Indonesia sebagai Project Manager. Saya menjadi lebih tahu dan peduli untuk menyebarkan positivity di sekitar.

Penulis: Caroline Augustine (Project Officer Intern)

Editor: Alfida Rizky Febrianna