Belajar Kelola Media Sosial

 “Selama bergabung di tim Social Media, aku semakin tertarik belajar menulis.

Halo, para pembaca Media AKUTAHU. Perkenalkan aku Herawati Melina yang biasa dipanggil Rara,  mahasiswi Adm. Perkantoran dan Sekretaris, Program Vokasi Universitas Indonesia. Aku peserta magang Batch 3 di Media AKUTAHU, nih.

Masa magang ini berlangsung tiga bulan.  Aku baru banget bergabung bersama Media AKUTAHU kurang lebih dua bulan sejak Agustus kemarin. Di sini aku magang di bagian Social Media. Ya, gak sesuai jurusan kuliahku saat ini, memang. Tapi, aku tertarik mendalami bidang sosial media dan komunikasi. Kali ini, aku mau berbagi sedikit cerita pengalaman magang selama di Media AKUTAHU, nih.

Awalnya aku tahu Media AKUTAHU ini dari unggahan yang muncul dari kolom explore Instagramku. Aku pribadi suka banget dengan akun yang memberikan infografis pengetahuan umum seperti Media AKUTAHU. Banyak informasi yang belum pernah aku ketahui dan pikirkan sebelumnya. Waktu itu konten yang pertama kali aku lihat berjudul Fakta Unik Tentang Masakan Padang. Unik banget, kan? Informasi yang belum pernah terlintas di pikiranku sebelumnya, ternyata mempunyai fakta unik. Nah, dari situ aku langsung mengikuti akun Instagram milik Media AKUTAHU.  

 Juli 2020, aku lihat unggahan Media AKUTAHU yang ternyata sedang buka kesempatan internship selama tiga bulan.  Tanpa ragu, langsung saja aku daftar di bagian Social Media. Kebetulan aku juga sedang mengelola akun media sosial project acara kampusku. Saat ini. aku tertarik banget belajar bikin konten, membuat plan sosmed. Awalnya, agak ragu untuk daftar di posisi ini. Pengalamanku dalam mengelola sosmed belum ada yang bimbing sebelumnya. Tapi, aku terus meyakinkan diri bahwa aku bisa.

Singkat cerita, aku dihubungi pada akhir Juli oleh tim Media AKUTAHU, dinyatakan lolos seleksi. Aku mulai berkegiatan di Media AKUTAHU pada awal Agustus. First impression aku magang di sini ialah kakak-kakaknya seru dan open. Mau membantu kami (peserta magang), jika merasa bingung.

Selama bergabung di tim Social Media, aku semakin tertarik belajar menulis. Ternyata dalam membuat bridging story Instagram atau caption harus menggunakan kalimat yang menarik dan persuasifAku juga dapat pengalaman baru saat event webinar yang diadakan AKUTAHU beberapa waktu yang lalu. Peserta magang juga dapat ikut berpartisipasi menjadi panitia acara. Senang sekali, sih. Kegiatan ini dapat melatih public speaking dan menambah produktivitas di akhir pekan.

Penulis: Herawati Melina

Editor: Alfida Rizky Febrianna