Balapan Motor Jadi Kegiatan Positif di Kediri

 

Balapan merupakan hal menarik bagi para pemuda gaul nusantara. Sayangnya, kegiatan itu kerap kali dianggap hal negatif. Kali ini, polres Kediri memfasilitasi kegiatan itu menjadi lebih positif.

Hal tersebut diwujudkan oleh masyarakat Kabupaten Kediri dalam acara Cangkrukan Kamtibmas Polres Kediri, baru-baru ini. Kegiatannya meliputi latihan bersama (latber) trail yang diiringi dengan bakti sosial (baksos).

Acara ini juga didukung penuh oleh Komunitas Trail Kediri (KTK). Para peserta trail  termasuk Wakil Direktur PT Gudang Garam Tbk yang juga ketua KTK, Slamet Budiono dan juga Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal Saiful Faton turut menempuh jarak 40 kilometer.

Garis finish acara tersebut mengambil lokasi di Kampoeng Anggrek, Ngancar. Ratusan rombongan sampai di lokasi sekitar pukul 11.00 WIB. Rasa lelah peserta terbayarkan dengan keindahan dan pesona Kampoeng Anggrek. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan hiburan musik.

Kegiatan ini berkaitan dengan Millenial Road Safety Festival (MRSF). Kegiatan ini diwarnai dengan bakti sosial khusus untuk Warga Lereng Kelud yang memang berada satu lokasi dari pengadaan acara ini. “Ini kebijakan Pak SB (Slamet Budiono, Red) sejak terpilih sebagai ketua KTK. Bahwa rider harus selalu peduli terhadap sesama,” tegas Iwhan.

Penerima bantuan dari bakti sosial ini adalah 25 lansia Kelud. Pengadaan bakti sosial tersebut berjalan secara spontan ketika ada lansia yang mengalami kesulitan untuk berjalan. Keadaan tersebut memacu Kapolres Roni dan SB menggendong keduanya setelah penerima bantuan menuju mobil yang mengangkut para penerima bantuan tersebut.

Kapolres Roni menjelaskan bahwa melalui kegiatan balapan yang diikuti bakti sosial lansia, Ia juga ingin mengubah citra polisi yang selama ini dianggap "menakutkan" oleh masyarakat.

“Acara seperti ini akan kami gelar secara rutin ke depannya. Lokasinya akan pun akan bergantian,” ujar Roni di halaman Mapolsek Ngancar, kemarin siang. Suasana yang tercipta adalah sebuah keakraban yang terjalin diantaranya.

Acara ini dinilai Roni dapat menambah kedekatan antar masyarakat sehingga dapat menciptakan keamanan menjelang Pemilu yang semakin memanas diantara masyarakat.

Sumber: radarkediri.jawapos.com