Bakso Tumpeng Hingga Ratusan Ribu Rupiah, Inovasi Kuliner di Yogyakarta

Yogyakarta - Siapa yang tak kenal dengan makanan berbahan daging yang satu ini. Kehadirannya snagat mudah ditemui di sepanjang jajanan kuliner. Namun, siapa sangka jika anggapan bahwa bakso selalu berbentuk bulat menjadi terbantahkan. Di Yogyakarta, terdapat bakso tumpeng yang memiliki ukuran mini hingga raksasa.

Pencetus ide ini bernama Eko. Sebelumnya, ia juga pernah berjualan nasi goreng dalam bentuk tumpeng. Hal itu juga melatarbelakanginya untuk terus berionovasi di bidang kuliner.

Untuk harganya, bakso tumpeng ukuran kecil (S) dibanderol dengan harga Rp 17.000 per porsi, sementara untuk bakso tumpeng ukuran raksasa (XXXXX) dibanderol dengan harga mencapai Rp 400.000. Jumlah telur, cabai, dan tetelan sapi yang berbeda-beda membuat harga bakso tumpeng ini bervariasi. Untuk menikmati bakso tumpeng raksasa, pelanggan harus memesannya satu hari sebelumnya.

Kesulitannya, percetakan dan penyajian agar bisa pas. Bakso tumpeng Yogyakarta yang satu ini dinikmati oleh pecinta kuliner dari daerah lainnya, salah satunya Klaten. Bahkan ada yang pesen pakai paketan juga ke Bandung, ke Sumatera, dibawa ke Sulawesi, hingga Kalimantan.

Biasanya, bakso yang dikirimkan ke daerah yang jauh merupakan belum dimsak alias mentah tanpa kuah. Nanti dimasak sendiri di tempat pemesan.

Sumber: travel.kompas.com