Bahas Revolusi Industri, Adu Argumen Jokowi dan Prabowo

Jakarta - Revolusi industri 4.0 di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan di Indonesia menjadi perbincangan di Debat Kedua Calon Presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Jokowi menyatakan keyakinannya kalau Indonesia bisa melewati proses revolusi Industri terbaru ini.

Ia mencontohkan petani harus bisa beradaptasi dengan mendigitalisasi kerjanya seperti sistem penjualan hasil tani pada konsumen tani. Namun, Prabowo menyanggah argumen Jokowi

"Kita belum bisa menghadapi revolusi industri 4.0"

Ia melihat keadaan petani sekarang membuatnya pesimis dengan klaim jokowi. Ia lebih lanjut menjanjikan swasembada pangan kalau ia memimpin. 

Lanjut pada pertanyaan keempat mengenai strategi pengelolaan sawit. Prabowo mengatakan sawit adalah prioritas penting bagi Indonesia karena potensi bio-dieselnya. Ia melihat kesejahteraan petani sawit harus ditingkatkan dengan meningkatkan plasma sawit. Ia juga memiliki visi bagi Indonesia untuk menjadi net importir sawit agar Indonesia sejahtera. 

Jokowi membalas dengan data kalau Indonesia telah mencapai pada b-20 dan menargetkan masuk pada b-100.

Merespons pada bidang sawit, Prabowo mengapresiasi kinerja Jokowi. Ia menambahkan jika ia memimpin, tidak hanya sawit,  ia akan menggenjot industri bio-energi lain seperti aren, dan etanol agar swasembada energi Indonesia maksimal.

Reporter: Raihan Sujatmoko