"Awan Tsunami" muncul di Aceh, Ada Apa Kira-Kira?

 

Terjadi fenomena alam yang tidak biasa di wilayah Meulaboh, Aceh Barat. Sejak Senin (10/8) pagi, awan hitam menyelimuti langit Meulaboh. Fenomena ini sempat membuat panik warga lantaran awan hitam bergelombang ini menyerupai bentuk gelombang tsunami.

 

Secara ilmiah dalam dunia meteorologi, fenomena tersebut dinamakan awan arcus. Dimana fitur awan arcus ini dapat ditemukan diantara jenis awan cimolonimbus dan cumulus. Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan.

 

Meskipun frekuensinya sangat jarang, kemunculan awan arcus lazim terjadi. Awan ini memiliki tinggi dasar yang rendah serta formasi pembentukannya horizontal memanjang seolah-olah seperti gelombang.

 

Awan arcus terbentuk akibat dari hasil ketidakstabilan atmosfer di sepanjang massa udara yang lebih dingin dengan massa udara yang lebih hangat dan lembab. Sehingga awan ini membentuk tipe awan yang memiliki pola pembentukan horizontal memanjang. Fenomena awan arcus juga dapat menimbulkan angin kencang dan hujan lebat disertai kilat dan petir.

 

Masyarakat diminta tidak panik dengan awan ini. Karena fenomena ini murni akibat proses alam dan tidak ada kaitannya dengan hal-hal mistis atau kejadian tsunami. Termasuk nelayan juga diimbau untuk tidak melaut sementara waktu hingga awan tersebut hilang. Berada di lapangan terbuka dapat menimbulkan bahaya sebab awan ini berpotensi menyebabkan terjadinya kilat dan petir.

(hnf)