Asah Pengetahuan Generasi Milenial dengan Mengenal Rumah Joglo

Yogyakarta - Indonesia dikenal sebagai bangsa yang kaya dengan budaya, dari Sabang sampai Merauke. Salah satu buktimua, terdapat banyak jenis rumah adat tersebar dari berbagai suku di Indonesia, termasuk Rumah Joglot yang berasal dari Jawa Tengah.

Rumah Joglo memiliki gaya arsitektur unik dan identik dengan nilai filosofis masyarakat. Uniknya gaya arsitektur dapat dilihat dari desain rangka atapnya yang memiliki bubungan cukup tinggi. Desain atap yang demikian dihasilkan dari pola tiang-tiang yang menyangga rumah. Utamanya pada bagian tengah rumah, terdapat 4 tiang berukuran lebih tinggi yang menyangga beban atap. Keempat tiang yang kerap disebut “soko guru” ini menyangga dan menjadi tempat pertemuan rangka atap yang menopang beban atap. Penggunaan desain rangka atap dengan bubungan tinggi dan material atap dari bahan alam merupakan salah satu hal yang membuat rumah Joglo terasa dingin dan sejuk.

Bahan yang digunakan untuk membangun Joglo secara keseluruhan adalah kayu. Kayu yang menjadi pilihan utama dalam membangun Joglo adalah kayu jati karena keawetannya dan terbukti bisa bertahan lama hingga ratusan tahun.

Joglo dibangun menggunakan berbagai jenis kayu-kayuan keras, baik untuk dinding, tiang, rangka atap, pintu, jendela, dan bagian lainnya. Bagian atap rumah adat Jawa ini terbuat dari genting berbahan dasar tanah. Sebelum adanya genting, atap Joglo terbuat dari bahan ijuk atau alang-alang yang dianyam.

Rumah adat Joglo merupakan bangunan yang ditujukan sebagai ikon budaya Jawa Tengah yang merupakan gambaran kehidupan sosial masyarakat Jawa. Disamping itu, Rumah Joglo berfungsi sebagai tempat tinggal. Selain rumah Joglo, di Jawa Tengah terdapat beberapa rumah adat lainnya yang dikenal dalam budaya masyarakat suku Jawa, yaitu rumah Panggang Pe, rumah Kampung, rumah Limasan, dan rumah Tajug. Melihat beragamnya rumah adat di Jawa Tengah, kita dapat mengetahui bahwa peninggalan budaya di Indonesia begitu kaya. Sebagai generasi Indonesia selanjutnya, sudahkah kita mengenal semua kekayaan budaya dari negara kita?

Sumber: nusantaratv.com