Tahukah Kamu Perbedaan Psikologi dan Psikolog?

Istilah Psikologi dan Psikolog sudah tidak asing lagi di telinga publik. Namun, tidak banyak yang memahami perbedaan diantara keduanya.

Menurut kamus American Psychology Association, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari Pikiran dan Perilaku. Beberapa istilah lain seperti stres, pola pikir, hipnosis dan lainnya merupakan bidang yang turut dipelajari dalam psikologi.

Bagaiamana tentang perasaan? Istilah perasaan tentu merupakan bidang yang dipelajari juga di dalamnya. Alasannya, pikiran, perasaan, dan perilaku itu ibaratnya adalah tiga sudut dari segitiga yang berhubungan. Ketiganya saling mempengaruhi satu sama lain, dan tidak dapat terpisahkan.

Di dalam Psikologi sendiri terdapat beberapa aliran atau biasa disebut mazhab, yang muncul seiring zaman menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan pengetahuan serta kebutuhan masyarakat pada periode waktu tertentu. Aliran-aliran tersebut adalah: strukturalisme, behaviorisme, gestalt, humanistik, psikoanalitis, dan psikologi positif.

Sementara, psikolog adalah profesi yang mempelajari fungsi normal dan abnormal manusia. Selain itu, bertugas merawat pasien dengan permasalahan mental dan emosional. Seorang psikolog juga bertugas untuk mempelajari dan memberikan penguatan emosional kepada perilaku yang dapat menimbulkan kesejahteraan, serta bisa berdamai dengan diri sendiri atau situasi.(AZ-DP)

Sumber:
American Psychology Association, Theory of Personality.
Pyschologytoday

Foto: Childrenmentalhealth.or

Kamu suka dengan konten akutahu.com? Berikan dua jempol sebagai tanda kamu menyukai konten ini.

Beritahu cuan reaksi kamu setelah membaca konten ini.

like
4
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0