Akhirnya, Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat masyarakat bertanya-tanya mengenai lokasi ibukota baru Indonesia. Sebelumnya, Jokowi hanya menyebutkan, ibukota baru rencananya berlokasi di salah satu wilayah di Kalimantan Timur.

Jokowi dan jajarannya menggelar konferensi pers, Senin (26/8/2019), di Istana Merdeka, Jakarta, mengumumkan ibukota baru Indonesia di sebagaian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Setelah berbagai pertimbangan, ibu kota Indonesia baru akan pindah ke sebagian wilayah di Kabupaten Penajam dan Kutai Kartanegara, yang berada di Kalimantan Timur," ungkap Jokowi.

Rupanya rencana pemindahan ibu kota baru ini telah lama menjadi wacana. Namun baru dimatangkan dan direalisasikan saat ini.

"Sejak awal Indonesia merdeka, wacana perpindahan ibu kota telah lama beredar. Bahkan, sejak awal Presiden Pertama Indonesia, Soekarno," sebut Jokowi.

Selain itu, menurut Jokowi, beban Jakarta sebagai ibu kota makin berat, mulai dari bandara terbesar hingga pusat perekonomian. Apalagi ditambah dengan ibukota pemerintahan. Dengan alasan itu, perlu ada kajian untuk memindahkan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Jokowi juga menyebutkan ia dan jajarannya telah memikirkan mengenai pembiayaan membangun ibu kota baru Indonesia. 

"Pengelolaan aset di ibukota baru dan DKI Jakarta akan dikeluarkan untuk membangun ibukota baru, ditambah dengan APBN dan swasta," sebut Jokowi.

Pemindahan ibu kota baru ini dianggap sangat mendesak, mengingat beban Pulau Jawa yang makin berat. Beberapa di antaranya, polusi hingga kepadatan penduduk.