Ada Isu KPPS Belum Menyerahkan C1, Ini Tanggapan KPU

Jakarta - Pemilu 2019 kini telah selesai. Sekarang, giliran Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bekerja menghitung suara masyarakat untuk menentukan siapa yang akan duduk pada kursi legislatif dan eksekutif. Akan tetapi, kinerja KPU ini selalu diterpa desas-desus yang menurunkan kredibilitas mereka sebagai otoritas penyelenggara pemilu.

Baru-baru ini, publik Indonesia dihebohkan dengan isu Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang belum menyerahkan Form C1 mereka kepada KPU. Hal ini tentu menghambat proses penghitungan suara.

Menanggapi isu tersebut, Pihak KPU mengaku belum mendapatkan informasi mengenai isu tersebut. Melalui wawancara singkat via Whatsapp pada hari Jumat (17/05), pihak KPU justru menanyakan kepada wartawan Media Akutahu, Raihan Sujatmoko tahu darimana isu tersebut.

"Maaf... ini fenomena dimana ya kejadiannya? " Tanya Pihak KPU

Lebih lanjut lagi ia mengatakan, kalau ada pihak KPPS yang belum menyerahkan form C1, akan dilaporkan ke pihak yang berwajib.

"Kalau sampai ada (yang belum menyerahkan form C1 red.), pelanggaran itu mas. Kalau sampai terjadi berarti penghitungan akan mandek. Tapi kan, sampai sekarang sudah 27 provinsi yang rekapitulasi di KPU RI dan tinggal menunggu 7 Provinsi lagi" Kata Humas KPU.

Ia menutup wawancara dengan mengatakan kalau proses rekapitulasi suara itu berjenjang jadi tidak bisa instan.